Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152749| Title: | Perubahan Perilaku Konsumsi Tablet Tambah Darah Menggunakan Media Komunikasi Ditinjau dari Transtheoretical Model |
| Authors: | Seminar, Annisa Utami Sianturi, Sephia Ellyana |
| Issue Date: | 2024 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Pemerintah Indonesia berupaya menurunkan prevalensi anemia pada remaja perempuan melalui program pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) di sekolah. Namun, program ini belum optimal karena kurangnya pemahaman tentang TTD dan anemia. Penelitian ini bertujuan menganalisis perubahan perilaku konsumsi TTD dalam konteks Transtheoretical Model (TTM) setelah intervensi media. Metode penelitian kuantitatif pra-eksperimen dengan one-group pre-test-post-test melibatkan 368 siswi dari SMK Yafahi dan SMA Kornita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, mayoritas siswi berada pada tahap prakontemplasi (52,94 persen) dan kontemplasi (41,18 persen). Setelah intervensi media berupa video dan poster, terjadi peningkatan pada tahap kontemplasi, persiapan, aksi, dan pemeliharaan. Kesimpulannya, intervensi media berupa video dan poster terbukti efektif mendorong perubahan perilaku konsumsi TTD pada remaja perempuan. Penelitian lebih lanjut dengan desain yang lebih kuat perlu dilakukan untuk menguji efektivitas intervensi media ini dalam jangka panjang. |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152749 |
| Appears in Collections: | UT - Communication and Community Development |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Cover, Lembar Pernyataan, Abstrak, Lembar Pengesahan, Prakata dan Daftar Isi.pdf Restricted Access | Cover | 574.29 kB | Adobe PDF | View/Open |
| I3401201006_Sephia Ellyana Sianturi.pdf Restricted Access | Fullteks | 5.55 MB | Adobe PDF | View/Open |
| Lampiran.pdf Restricted Access | Lampiran | 2.16 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.