Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152508
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKooswardhono M-
dc.contributor.advisorBurhanuddin-
dc.contributor.authorSumarlin, Ibnu Bayu-
dc.date.accessioned2024-05-31T02:22:21Z-
dc.date.available2024-05-31T02:22:21Z-
dc.date.issued2003-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152508-
dc.description.abstractPerubahan lingkungan terutama perekonomian telah membawa dampak terhadap perkembangan industri di dalam negeri. Dalam menghadapi perdagangan bebas, setiap perusahaan harus menghadapi persaingan ketat dengan perusahaan- perusahaan dari seluruh dunia. Krisis ekonomi yang melanda dan berkepanjangan di dalam negeri mempersulit suatu perusahaan untuk bertahan dan berkembang terhadap perubahan yang terus terjadi. Liberalisasi perdagangan dapat menjadi peluang dan ancaman bagi industri di Indonesia. PT. Santosa Agrindo (PT. Santori) merupakan salah satu produsen daging sapi yang mulai beroperasi pada tahun 1998. Usaha PT. Santosa Agrindo untuk mencapai keunggulan daya saing terutama di dalam negeri menuntut perusahaarr untuk lebih strategis dalam menetapkan langkah yang terintegrasi meliputi manajemen usaha, produksi, pemasaran, keuangan perusahaan secara menyeluruh. Langkah-langkah strategis ini dibutuhkan untuk mengadapi tantangan dalam industri sapi potong. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan perusahaan, sehingga dapat disusun alternatif strategi manajemen yang dapat diterapkan dan dapat ditentukan prioritas strategi yang sebaiknya diterapkan sesuai dengan keadaan lingkungan pada saat ini. Penelitian ini hanya pada tahap perumusan strategi. Tahapan implementasi dan evaluasi merupakan kewenangan pihak manajemen PT Santosa Agrindo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan data primer data sekunder yang dikategorikan menjadi data lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Data primer diperoleh dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan, wawancara dan pengisian kuosioner oleh responden terpilih, sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan perusahaan, literatur perusahaan dan perpustakaan serta makalah dan tulisan yang terkait dengan topik yang dibahas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis IFE dan EFE, matriks IE, analisis SWOT dan matriks QSPM. Hasil dari analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan didapatkan beberapa faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta beberapa faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi perusahaan. Faktor internal yang menjadi kekuatan perusahaan adalah kualitas daging yang baik, lokasi RPH yang strategis, kapasitas produksi yang besar, Kontinuitas sapi potong, merk dagang yang sudah dikenal konsumen, memiliki tenaga ahli yang banyak, segmentasi pasar dan citra produk yang baik. Faktor internal yang menjadi kelemahan perusahaan adalah harga daging yang tinggi, belum memiliki fasilitas penelitian dan pengembangan, belum memiłki lahan sendiri, koordinasi antar bagian yang lemah dan distribusi daging ke luar Jabotabek. ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePerumusan manajemen strategi rumah potong hewan PT Santosa Agrindoid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordManajemen Strategiid
dc.subject.keywordRumah Potong Hewanid
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
D03ibs.pdf
  Restricted Access
15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.