Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152454
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRiyanto, Sutisna-
dc.contributor.advisorCyrilla, Lucia-
dc.contributor.authorKhalidah Anni-
dc.date.accessioned2024-05-31T00:16:20Z-
dc.date.available2024-05-31T00:16:20Z-
dc.date.issued2009-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152454-
dc.description.abstractSektor bisnis kuliner adalah salah satu alternatif kesempatan kerja yang mampu menampung kelebihan tenaga kerja karena umumnya sektor ini tidak terlalu membutuhkan persyaratan tertentu seperti tingkat pendidikan dan keterampilan khusus. Rumah Makan Wong Solo merupakan salah satu bentuk sektor bisnis kuliner, saat ini telah memilki banyak cabang yang telah tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Pengembangan rumah makan ini dimasa yang akan datang membutuhkan strategi pemasaran yang baik untuk dapat meningkatkan citra dan menarik pembeli. Salah satu strategi pemasaran adalah strategi promosi. Bauran komunikasi pemasaran merupakan salah satu bentuk promosi yang mempunyai peranan penting dalam perumusan strategi pemasaran. Bauran komunikasi pemasaran adalah usaha-usaha yang yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya dengtan berdasarkan pada lima alat komunikasi utama yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi dan pemasaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan karakteristik konsumen terhadap bauran komunikasi yang telah diterapkan Rumah Makan Wong Solo, (2) Mendeskripsikan dan menganalisis efektifitas bauran komunikasi pamasaran yang telah dilaksanakan Rumah Makan Wong Solo, (3) Menganalisis hubungan karakteristik konsumen dengan efektivitas bauran komunikasi pemasaran yang digunakan Rumah Makan Wong Solo, (4) Menganalisis hubungan karakteristik konsumen dengan persepsi terhadap atribut tambahan RM Wong Solo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2008. Data diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan konsumen RM Wong Solo berdasarkan pertanyaan yang telah dipersiapkan dalam bentuk kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, frekuensi distribusi dan menganalisis hubungan dengan prosedur Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan konsumen Wong Solo sebagian besar berusia muda, berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan tinggi, bekerja sebagai pegawai swasta serta memiliki pendapatan rata-rata diatas Rp. 3.500.000, dan berasal dari etnis Jawa. Bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan Rumah Makan Wong Solo dinilai cukup efektif. Bauran komunikasi tersebut cukup mendedah konsumen meskipun persepsi konsumen belum cukup baik terhadap upaya-upaya tersebut. Karakter konsumen secara umum tidak berhubungan dengan efektivitas bauran komunikasi pemasaran, hanya pada tingkat pendapatan, jenis kelamin dan pekerjaan yang terdapat hubungan nyata dalam bentuk bauran presentasi, pameran, bingkisan, serta tidak terdapat hubungan yang nyata antara karakteristik konsumen terhadap ataribut tambahan yang ada pada rumah makan Wong Solo.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleEfektivitas bauran komunikasi pemasaran rumah makan wong solo Kalimalang Jakarta Timurid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordComunicationid
dc.subject.keywordBauran pemasaranid
dc.subject.keywordkarakteristik konsumenid
dc.subject.keywordCustomerid
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
D09akh.pdf
  Restricted Access
11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.