Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152206
Title: Analisis strategi pengembangan perusahaan tektil : Studi kasus PT.Unitex, Bogor
Authors: Fariyanti, Anna
Noviasari, Diah Tantri
Issue Date: 1999
Publisher: IPB University
Abstract: Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan devisa negara saat ini adalah melalui peningkatan ekspor nonmigas. Tekstil dan produk tekstil (TPT) merupakan salah satu sektor industri pengolahan yang sangat strategis karena mampu memberikan kontribusi terbesar dalam pemasukan devisa dibandingkan sektor lain. Pada tahun 1997 nilai ekspor TPT sudah mencapai USS 7,3 milyar. Sebenamya kinerja ekspor TPT ini belum optimal dan masih bisa ditingkatkan hingga US$ 12 milyar pada akhir tahun 2000, namun untuk meningkatkan ekspor dan daya saing, Indonesia masih menghadapi sejumlah kendala serius baik faktor internal TPT itu sendiri, struktur industri yang lemah maupun faktor eksternal lingkungan industri TPT yang tidak mendukung proses ekspansi ekspor. PT. Unitex sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri TPT, saat ini dihadapkanı pada sejumlah permasalahan. Bahan baku yang digunakan selama ini sangat tergantung pada kapas impor yang harganya terus mengalami peningkatan. Peningkatan harga juga terjadi pada bahan-bahan penolong, seperti polyester, bahan kimia dan bahan bakar, sehingga biaya produksi yang harus dikeluarkan semakin besar. Selain itu ongkos angkut yang tinggi merupakan kendala yang dihadapi perusahaan disamping banyaknya persyaratan permintaan dan peraturan yang ditetapkan oleh importir. Kondisi keuangan perusahaan juga menunjukkan kinerja yang kurang menguntungkan dimana perusahaan masih mengalami kerugian yang cukup besar. Sementara itu dengan mulai diberlakukannya era pasar bebas pada beberapa tahun mendatang, sudah saatnya perusahaan mempersiapkan diri menghadapi persaingan dalam industri yang semakin ketat tersebut. Melihat fenomena di atas maka tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis nilai tambah yang diperoleh dari kegiatan pengolahan dan pemasaran yang dilakukan perusahaan; (2) melihat perkembangan kinerja keuangan perusahaan selama lima tahun terakhir; (3) mengidentifikasi faktor- Faktor eksternal dan internal yang merupakan peluang, ancaman, kekuatan ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152206
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A99DTN.pdf
  Restricted Access
33.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.