Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151867
Title: Identifikasi preferensi konsumen untuk menentukan strategi pemasaran rumah makan sate kambing muda Pak Kardjan
Authors: Moesa, Zulfikar
Sukmawati, Anggraini
Lilia, Ulfah
Issue Date: 2001
Publisher: IPB University
Abstract: Seiring dengan terjadinya era globalisasi maka arus kebudayaan Barat sulit untuk dibendung. Banyak aspek kehidupan dan nilai-nilai budaya Timur yang telah dipengaruhi oleh budaya Barat, tidak terkecuali pada pola konsumsi pangan. Semakin menjamurnya restoran fast food ala Barat menyebabkan terjadinya perubahan pola konsumsi makan dari makanan tradisional ke makanan impor (modern). Ditengah persaingan yang ketat dengan makanan impor (modern), Rumah Makan Sate Kambing Muda "Pak Kardjan" perlu meningkatkan citra produk andalannya sehingga akan meningkatkan daya saingnya terhadap restoran fast food ala Barat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut-atribut yang disukai konsumen, menyusun peringkat priorotas (preferensi) terhadap atribut tersebut dan menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan preferensi konsumen. Dari hasil analisis terhadap 95 responden menunjukkan karakteristik konsumen sebagai berikut: mayoritas responden yang mengkonsumsi Sate Kambing Muda "Pak Kardjan" adalah pria (69,47%) dengan tingkat usia antara 15-24 tahun (36,7%), latar belakang pendidikan mayoritas Sarjana (40%) dengan mayoritas pekerjaan responden adalah pegawai swasta (43,2%), serta memiliki pengeluaran pribadi mayoritas diatas satu juta rupiah per bulan (43,7%). Makanan yang paling sering dikonsumsi ketika responden berada di luar rumah adalah sate (27%). Sebagian besar alasan responden memilih Sate Kambing Muda "Pak Kardjan" karena sate tersebut sesuai dengan selera (45,6%). Pada umumnya mereka tidak menentukan berapa kali mengkonsumsi sate dalam satu bulan tetapi sebagian besar responden membeli Sate Kambing Muda "Pak Karjdan" pada hari libur (62%) dan biasanya responden lebih menyukai membeli sate pada malam hari (54,7%) dengan transaksi pembelian berkisar antara Rp 20.000 - Rp 50.000. Atribut produk yang dianggap penting dalam menentukan preferensi konsumen adalah: rasa daging sate; rasa bumbu sate; ukuran sate; tekstur daging; harga; keluasan tempat; pengaturan tempat duduk; kecepatan pelayanan; cara menyediakan, mengatur dan menghidangkan makanan; sikap pelayanan; suasana dan kepuasan konsumen. Dalam analisis Multiatribut, atribut produk untuk sate secara umum yang paling diinginkan oleh konsumen adalah atribut rasa (baik itu rasa bumbu maupun rasa daging sate) dan atribut harga, sedangkan atribut produk untuk Sate Kambing Muda "Pak Kardjan" yang paling diinginkan konsumen adalah atribut rasa dan atribut suasana. Atribut harga merupakan atribut yang paling tidak disukai responden di Rumah Makan Sate Kambing Muda "Pak Kardjan". Hal ini terlihat dari nilai negatif yang diberikan yaitu sebesar -0,22. Respon negatif pada atribut...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151867
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
D01uli.pdf
  Restricted Access
8.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.