Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151865
Title: Perencanaan lanskap jalan bebas hambatan Plumbon, Kanci, Cirebon
Authors: Nasrullah, Nizar
Setiawati
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Jalan tol Plumbon-Kanci merupakan jalan alternatif di kota Cirebon yang memiliki panjang 20,3 km dan mulai beroperasi tahun 1998. Proyek pembangunan jalan tol ini merupakan hasil kerjasama antara PT. Jasa Marga (Persero) dan PT. Istaka Karya. PT. Istaka Karya sebagai pihak yang membangun dan melaksanakan proyek, sedangkan PT. Jasa Marga (Persero) sebagai pemilik proyek yang mengoperasikan dan bertanggung jawab memelihara jalan tol tersebut. IPR Jalan tol ini masih akan terus dikembangkan menjadi Plumbon (Cirebon)- Cikampek dan Kanci (Cirebon)-Tegal. Dengan semakin panjangnya jalan tol dan perkembangan teknologi, cenderung mendorong pengguna jalan untuk mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi, hal ini menyebabkan pengemudi cepat lelah. Ditunjang dengan kondisi jalan tol yang gersang, panas, serta belum adanya penataan lanskap, menimbulkan kesan monoton, tidak nyaman, dan membosankan bagi pengguna jalan tol tersebut sehingga menimbulkan kelelahan dan perasaan ngantuk. Akibatnya kemampuan dan keterampilan pengguna jalan dalam berkonsentrasi serta pengambilan keputusan menjadi berkurang. Manfaat dibangunnya jalan tol ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dalam kota Cirebon, sebagai jalan alternatif jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), sebagai sarana distribusi barang antar kota antar propinsi, dan efisiensi waktu dan biaya bagi penggunanya. Selain berdampak positif, jalan tol ini juga memberikan dampak negatif khususnya kepada masyarakat sekitar jalan tol, seperti kebisingan, polusi udara, serta berubahnya mata pencaharian dan sosial-budaya masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan lanskap jalan bebas hambatan Plumbon-Kanci yang dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bagi pengguna dan masyarakat sekitar jalan tol; serta memperbaiki kualitas lingkungan sekitarnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan bagi pihak perencana dan pengelola jalan bebas hambatan Plumbon-Kanci dalam penataan kembali lanskapnya. Penelitian ini menggunakan tahapan perencanaan tapak yang dikemukakan oleh Simonds (1983), yang terdiri dari tahap commission (persiapan awal), research (pengumpulan data/inventarisasi), analysis (analisis), syntesis (sintesis), construction (pelaksanaan), dan operation (pemeliharaan). Penelitian dibatasi sampai pada tahap sintesis, dalam hal ini perencanaan lanskap. Waktu pengambilan data selama delapan minggu, mulai minggu pertama bulan Maret 2002 sampai dengan minggu terakhir bulan April 2002. Fungsi lanskap yang dikembangkan pada tapak meliputi fungsi identitas, kenyamanan, keamanan, estetika, konservasi, pelayanan, dan penyangga. Sehingga dapat mengakomodasi aktivitas pengguna, pengelola, dan masyarakat sekitar jalan dengan fasilitas penunjang yang dapat memenuhi kebutuhan mereka….dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151865
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A02set.pdf
  Restricted Access
31.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.