Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151494
Title: Analisis Persepsi Nasabah Terhadap Bank dan Produk Bank Serta Implikasinya Kepada Stategi Penghimpunan Dana Pt. Bank Xyz
Authors: Sumarwan, Ujang
Fahmi, Idqan
Suandy, Weman
Issue Date: 1996
Publisher: IPB University
Abstract: Deregulasi Perbankan tahun 1983 selain berdampak berupa pertumbuhan dan perkembangan yang cepat pada industri perbankan juga mengakibatkan persaingan yang sangat tajam dalam penghimpunan dana. PT. Bank XYZ yang sampai tahun 1993 selalu memimpin dalam penghimpunan dana, mulai tahun 1994 telah dilampaui oleh salah satu Bank swasta nasional. Berangkat dari permasalahan diatas dan untuk menetapkan Strategi penghimpunan dana PT. Bank XYZ maka perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang memilih bank serta persepsi konsumen terhadap produk dana baik giro, deposito maupun tabungan. Pengumpulan data dari konsumen dilakukan di Jakarta pada bulan Juli dan Agustus 1996. Responden berjumlah 150 orang terdiri dari konsumen perorangan Bank XYZ, BCA dan BRI. Data diperoleh dengan melakukan wawancara langsung atau mengisi sendiri kuesioner yang diberikan. Alat Analisis yang digunakan adalah Analisis Citra untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut bank dan Analisis Multi Atribut Angka Ideal untuk mengetahui sikap konsumen terhadap produk giro, deposito dan tabungan PT. Bank XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan menjangkau bank merupakan faktor yang dominan mempengaruhi seseorang memilih bank, diikuti oleh faktor pengetahuan yang cukup mengenai bank. Setelah itu yang berpengaruh adalah faktor pengetahuan manfaat produk, faktor pengaruh teman sekantor/ikatan alumni/perkumpulan dan terakhir promosi. Hasil Analisis Citra menunjukkan bahwa atribut lokasi, pelayanan, keramahan, jam/hari buka dan kenyamanan gedung/ruang tunggu BCA lebih unggul dari Bank XYZ dan Bank XYZ lebih unggul dari BRI. Untuk atribut jaminan keamanan dan popularitas Bank XYZ lebih unggul dibandingkan dengan BRI maupun BCA. Hasil Analisis Multi Atribut Angka Ideal menunjukkan bahwa konsumen memberikan sikap yang lebih baik terhadap produk Bank XYZ dibandingkan dengan BCA maupun BRI. Faktor yang sangat menetukan keunggulan Bank XYZ adalah atribut keamanan. Kondisi tersebut kurang menguntungkan Bank XYZ karena hasilnya akan menjadi lain bila tingkat kepercayaan terhadap atribut keamanan BCA meningkat. Konsumen memberikan sikap yang lebih baik terhadap produk deposito BRI dibandingkan dengan BCA maupun Bank XYZ. Atribut yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah tingkat suku bunga. Tingkat suku bunga Deposito BRI lebih tinggi dibandingkan dengan Bank XYZ. Untuk produk tabungan konsumen memberikan sikap yang lebih baik kepada BCA dibandingkan dengan Bank XYZ maupun BRI. Faktor yang dominan mempengaruhi penilaian tersebut adalah atribut ketersediaan ATM, dimana BCA memang jauh lebih banyak. Berdasarkan hasil analisis diatas maka beberapa rekomendasi strategi penghimpunan dana yang sebaiknya dijalankan adalah: (1) Pendirian kantor cabang baru hendaknya memilih lokasi yang strategis, didaerah padat perkantoran, pusat perbelanjaan dan tempat pemukiman. (2) Peningkatan promosi kepada masyarakat baik melalui media cetak dan elektronik dan dilakukan secara teratur. (3) Menyempurnakan sistem dan prosedur pengambilan agar dst..
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151494
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R8WES.pdf
  Restricted Access
2.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.