Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151470
Title: Formulasi Strategi Bisnis Karet Alam Pt. Bakrie Sumatera Plantations Berdasarkan Analisis Industri dan Kekuatan Bisnis Perusahaan
Authors: Djohar, Setiadi
Anang, Husin
Rasjid, Abdul
Issue Date: 1994
Publisher: IPB University
Abstract: Sampai saat ini, karet alam merupakan komoditi utama PT Bakrie Sumatera Plantations (BSP) disamping kelapa sawit. Sebagian besar produk karet alamnya, dengan lateks pekat sebagai produk andalannya, dijual ke pasar internasional. Dengan orientasi ke pasar internasional tersebut, maka faktor lingkungan bisnis karet alam menjadi sangat penting dan komplek. Menghadapi perubahan lingkungan yang esensial dewasa ini seperti globalisasi perekonomian, struktur permintaan konsumen yang berubah, dan kecenderungan ke arah sistem perdagangan langsung (direct trade), BSP dituntut untuk mengkaji dampak strategis bagi perusahaan. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka geladikarya ini, dalam bentuk penelitian, dilakukan. Fokus penelitian adalah analisis industri karet alam dan kekuatan bisnis PT Bakrie Sumatera Plantations pada saat ini dan perkiraan untuk lima tahun mendatang sebagai bahan masukan bagi formulasi strategi bisnis dalam bentuk program kegiatan jangka panjang. Dalam penelitian ini digunakan metode studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang luas dan lengkap mengenai subjek yang diteliti, serta untuk mengetahui keadaan yang sesungguhnya terjadi di dalam perusahaan. Data yang dikumpulkan terdiri atas data primer dan data sekunder. Hasil analisis industri karet alam menunjukkan bahwa bisnis karet alam pada saat ini cukup atraktif dan diperkirakan dalam lima tahun mendatang relatif tetap prospektif.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151470
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R4HEY.pdf
  Restricted Access
19.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.