Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151458
Title: Pengembangan Pemasaran Wisata Alam Berdasarkan Karakteristik dan Persepsi Konsumen
Authors: Sumarwan, Ujang
Herlina, Lien
Natapermana, Herijadi
Issue Date: 1996
Publisher: IPB University
Abstract: Dengan pangsa pasar pariwisata global 0,057%, industri pariwisata Indone- sia mampu menduduki urutan ketiga sebagai penyumbang terbesar devisa tahun 1994. Keberhasilan tersebut tidak diiringi dengan meningkatnya jumlah pengun- jung Taman Nasional Ujung Kulon, ini terlihat adanya "kecenderungan" jumlah pengunjung yang menurun pada periode 1992-1995. Dengan demikian perlu adanya suatu strategi agar jumlah pengunjung meningkat, melalui berbagai pengembangan fungsi tanpa mengabaikan fungsi konservasi. Banyak faktor yang mempengaruhi naik-turunnya jumlah pengunjung, diantaranya adalah faktor perilaku konsumen yang dikaitkan dengan elemen-elemen pemasaran. Dalam studi ini studi perilaku konsumen adalah karakteristik dan persepsi konsumen. Faktor karakteristik merupakan syarat terjadinya aktivitas wisata alam, dan faktor persepsi konsumen tidak kalah pentingnya dengan faktor lainnya, dimana persepsi terhadap produk wisata dilihat dari sudut pandangan seorang konsumen, produk wisata itu meliputi pengalaman yang paripurna, sejak dia meninggalkan rumah sampai saat dia kembali kerumah. Wisata alam merupakan salah satu manfaat tidak nampak terlihat dari sumber daya alam, secara ekonomi tidak berbeda dengan komoditi (yang nampak) lainnya dalam memberikan kontribusi, yang berbeda dalam wisata alam adalah tidak adanya perpindahan produk dari produsen kepada konsumen, dengan demikian sumberdaya alam akan tetap terjaga kelestariannya, dan jika dikelola secara optimal wisata alam akan memberikan dampak bagi perkembangan ekonomi. Terdapat perbedaan yang fundamental antara pemasaran dan penjualan, pemasaran memusatkan perhatian pada kebutuhan para pembeli, sedangkan penjualan memusatkan perhatian pada kebutuhan para penjual. Dalam penjualan sudah dicekam oleh kebutuhan para penjual untuk mengubah produknya menjadi uang, sedangkan pemasaran bermaksud untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan konsumen dengan cara memproduksi produknya dengan baik. Dengan demikian perlu adanya pengembangan pemasaran yang berorientasi kepada kebutuhan dan keinginan konsumen secara terpadu dan menyeluruh.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151458
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R8HNP.pdf
  Restricted Access
4.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.