Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151451
Title: Pengembangan Strategi Rekrutmen Tenaga Analisis Kredit Pada Pt. Bank Bni
Authors: Ama'Arif, M. Syamsul
Fahmi, Idqan
Dhamhory, Dedhy
Issue Date: 1996
Publisher: IPB University
Abstract: PT. Bank BNI merupakan bank papan atas di Indonesia, memiliki 485 Kantor Cabang (termasuk tidak kurang dari 100 Cabang Pembantu), 12 Kantor Wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia dan 6 Kantor Cabang di luar negeri serta di dukung oleh 13.229 orang pegawai. Pada situasi bisnis perbankan dewasa ini, PT. Bank BNI akan menghadapi permasalahan yang kompleks terutama akibat : 1. Kondisi persaingan antar bank yang semakin kompetitif, baik dari segi tarif, pelayanan, maupun kemudahan dari aneka ragam produk yang ditawarkan. 2. Menghadapi era pasar global dan semakin berkembangnya teknologi. Guna mengatasi kondisi tersebut, dituntut adanya peranan sumberdaya manusia yang memiliki kualitas. Oleh karena itu perusahaan harus membuat perencanaan strategik yang menyangkut bidang kepegawaian, terutama kegiatan rekrutmen pegawai khususnya tenaga Analis Kredit. Dalam pelaksanaan kegiatan rekrutmen tenaga Analis Kredit pada PT. Bank BNI masih ditemui adanya kelemahan- kelemahan yang tercermin dari: 1. Rekrutmen tenaga Analis Kredit selama 1992-1996 jum- lahnya berfluktuatif, distribusi tidak merata dan kendala bagi unit terkait dalam penetapan anggaran. 2. Rasio pengelolaan kredit standar dan non standar belum dilakukan pemisahan secara jelas. 3. Masih adanya tenaga Analis Kredit yang SLTP dan SLTA. Bertalian dengan apa yang diuraikan di atas, maka masalah yang dihadapi perusahaan adalah: 1. Bagaimana kondisi strategi rekrutmen saat ini. 2. Apakah perusahaan telah memiliki perencanaan jangka panjang rekrutmen tenaga Analis Kredit. 3. Bagaimana perusahaan mengadakan pengembangan strategi rekrutmen pegawai tenaga Analis Kredit guna memenuhi tuntutan perusahaan. Geladikarya ini dilakukan bertujuan untuk: 1. Mengevaluasi strategi rekrutmen yang ada sekarang. 2. Mengevaluasi perencanaan strategi jangka panjang kegi- atan rekrutmen tenaga Analis Kredit. 3. Menyusun pengembangan strategi rekrutmen pegawai, khu- susnya tenaga Analis Kredit. Penelitian dalam geladikarya ini adalah menggunakan metode studi kasus dengan analisis deskriptif. Informasi dan data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan, analisis SWOT, analisis beban kerja, strate- gi rekrutmen sekarang, dan analisis permasalahan. Berdasarkan hasil analisis, ternyata PT. Bank BNI masih memiliki kekuatan dan peluang untuk mendapatkan tenaga analis kredit yang berkualitas untuk mendukung kegiatan operasional. Beberapa kekuatan yang dimiliki antara lain: 1. Merupakan bank terkemuka dan dapat dipercaya serta dikenal oleh masyarakat luas. 2. Memiliki SDM yang berkualitas dengan jalur karir yang jelas. 3. Memiliki jaringan cabang dan pelanggan yang luas serta berpredikat sebagai bank yang sehat. dst..
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151451
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R8DDH.pdf
  Restricted Access
1.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.