Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151325
Title: Analisis Proses dan Manfaat Pelatihan Pra Tugas Calon Pegawai Perum Perhutani
Authors: Mangkuprawira, Syafri
Ma'Arif, M. Syamsul
Suparman, Domon S.
Issue Date: 1997
Publisher: IPB University
Abstract: Perum Perhutani merupakan Badan Usaha Milik Negera yang bergerak di bidang Agribisnis (pengusahaan hutan) yang paling tua dengan penyelenggaraan manajemen dan teknis yang merupakan contoh bagi pengusahaan hutan lainnya baik BUMN maupun perusahaan swasta yang bergerak dibidang kehutanan. Pada dewasa ini dalam rangka menghadapi situasi dan kondisi dalam dunia usaha di masa datang, serta sejalan pula dengan "Titik Berat Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahap II diletakkan pada bidang ekonomi yang didukung oleh Sumberdaya Manusia Indonesia yang maju dan berkualitas", Perum Perhutani dituntut untuk meningkatkan profesionalisme kemampuan manajerial, serta kemampuan berkomunikasi dan berinovasi. Salah satu usaha dalam menanggulangi hal tersebut dan juga sebagai pelaksanaan Rencana Umum Perusahaan (RUP) Perum Perhutani (1990-2009) di bidang aparatur, maka disamping melakukan usaha-usaha peningkatan dan pengembangan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) nya yang telah dan sedang bertugas, telah dilaksanakan pula usaha peningkatan kualitas SDM calon pegawai dalam bentuk pelatihan pratugas. Pelatihan pratugas calon pegawai Perum Perhutani merupakan paket pelatihan yang terdiri dari 3 tahapan pelatihan yaitu: (1) Pembekalan di Pusdik Kehutanan Perum Perhutani, (2) Pelatihan Kesamaptaan di Pusdik Brimob Polri, dan (3) Magang di wilayah kerja Perum Perhutani. Sejak 1993 telah dilaksanakan empat Perhutani, penampilan diri di muka umum, pengambilan keputusan dan kepemimpinan. (6) Menurut pendapat pada slip untuk kegiatan magang diperlukan ketepatan waktu dan kelengkapan materi sesuai dengan program. Dengan demikian disarankan agar: (1) Kegiatan Pelatihan Pratugas Calon Pegawai Perum Perhutani, sangat baik untuk terus diselenggarakan sesuai dengan keperluannya dan dibarengi dengan peningkatan komponen-komponen pelatihan yang bertaraf cukup menjadi baik. (2) Mengadakan pengamatan terhadap materi-materi pelatihan yang kurang mendukung keberhasilan proses belajar mengajar mengenai isi, sistimatika, waktu, keterkaitan materi dengan kegiatan Perum Perhutani serta terhadap penampilan dan kinerja pengajar/instruktur yang dapat dilakukan melalui penilaian oleh para peserta atau pengamat yang ditugaskan. Sedangkan untuk penambahan pengetahuan dapat dilakukan dengan cara memberikan bahan bacaan kepada peserta atau melengkapi judul-judul buku diperpustakaan. (3) Meningkatkan kegiatan magang dengan perencanaan yang baik, dan memberikan tugas kepada peserta untuk membuat laporan dan melaksanakan lokakarya hasil magang.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151325
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R5DSSN.pdf
  Restricted Access
28.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.