Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151309
Title: Analisa Peluang Pasar Pisang Serta Implikasinya Pada Penembangan dan Pemasaran Pisang
Authors: Sumarwan, Ujang
Maulana, Agus
Satiyantari, Widi
Issue Date: 1998
Publisher: IPB University
Abstract: Permintaan dunia terhadap buah-buahan tropis terutama pisang terus meningkat. Menurut ITC/UNSO impor dunia terhadap pisang segar pada tahun 1995 sebesar 11.048.897 ton senilai US$ 5.722.491 meningkat tajam dibanding tahun 1998 yang hanya 7.385.140 ton dengan nilai US$ 339.242. Namun dari jumlah total perdagangan pisang dunia peran Indonesia hanya sekitar 9.157 ton senilai US$ 168.49 pada tahun 1995. Indonesia sebenarnya mempunyai potensi besar untuk meningkatkan produksi dan ekspor pisang, mengingat keunggulan komperatif yang dimiliki. Keunggulan ini antara lain adanya iklim yang mendukung, tanah yang subur dan tersedianya tenaga kerja yang murah sehingga memungkinkan produksi dilakukan sepanjang tahun. Pengembangan hortikultura antara lain pisang secara komersial masih menghadapi kendala antara lain terpencarnya lokasi usaha dengan skala usaha yang umumnya sangat kecil. Bibit unggul dalam jumlah besar, tepat waktu, dan harga murah sukar didapat, dalam hal teknis budidaya kemampuan petani beragam sehingga berpengaruh terhadap kualitas produksi yang dihasilkan. Dipihak lain produk buah- buahan yang mudah rusak menyebabkan para investor kurang berminat untuk menanamkan investasinya. Fasilitas kredit yang diberikan oleh pemerintah dalam bentuk Kredit Usaha Tani untuk petani/kelompok tani penyerapannya kecil mengingat persyaratan dari pihak Bank yang sulit diterima petani. Posisi tawar menawar petani sangat lemah, di tambah struktur pasar yang bersifat oligopsoni. Pemasaran pisang luar negeri dihadang masalah berupa tidak dapat memenuhi kualitas dan kontinuitas serta volume pasokan, belum adanya dukungan distribusi dengan sarana pendingin yang memadai dan biaya angkutan yang relatif mahal. Kondisi perekonomian sekarang telah mendorong pemerintah untuk menggalakkan ekspor dalam rangka penambahan devisa negara. Upaya yang dilakukan adalah bagaimana meningkatkan daya saing produk di pasaran baik dalam negeri maupun di luar negeri. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirumuskan masalah (1) Bagaimana peluang pasar pisang segar dan olahan (2) Bagaimana memanfaatkan potensi yang ada untuk mengisi peluang pasar tersebut; (3) Bagaimana sistem pemasaran yang dilakukan perusahaan selama ini dan apa saja permasalahannya (4) Bagaimana pola pengembangan dan pemasaran pisang yang akan datang dst....
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151309
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E3WSI.pdf
  Restricted Access
43.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.