Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151302
Title: Strategi Pengembangan Produl-Produk Fee Based In Come Di Pt. Bank X
Authors: Djohar, Setiadi
Krisnamurthi, Bayu
Pane, Rina Adriany
Issue Date: 1998
Publisher: IPB University
Abstract: Dengan diluncurkannya berbagai deregulasi di sektor Perbankan, maka jumlah bank yang beroperasi di Indonesia meningkat secara drastis, dimana hal ini memberikan implikasi langsung terhadap tingkat persaingan yang menjadi sangat ketat. Persaingan menjadi lebih ketat lagi dengan mulai majunya Pasar Modal di Indonesia, dimana Bursa Efek menjadi salah satu alternatif untuk memperoleh sumber pendanaan bagi perusahaan yang akan mengadakan ekspansi dan menanamkan modal bagi para investor. Salah satu implikasi dari kondisi ini yang langsung dirasakan oleh dunia perbankan adalah semakin sulitnya menyalurkan kredit pada sektor yang aman dan menguntungkan, sedang di lain fihak sampai saat ini sumber pendapatan utama bank masih berasal dari pendapatan bunga kredit. Menurut majalah SWA (1997) yang dikutip dari berbagai sumber, salah satu ciri dari perbankan modern adalah semakin besarnya kontribusi fee based income terhadap pendapatan, dimana hal ini secara langsung akan mengurangi tingkat ketergantungan bank yang bersangkutan terhadap kredit. Bagi PT. Bank B sendiri, kontribusi dari produk-produk fee based income sudah relatif lebih tinggi dibanding bank-bank lain yang berada pada kelas yang sama, namun jika dibandingkan dengan bank-bank asing, kontribusi tersebut masih sangat kecil. Untuk itu, dirasa perlu. untuk mencari strategi pengembangan bagi produk-produk fee based income ini, mengingat bahwa urgensi mengenai hal ini tentunya juga telah disadari oleh bank- bank pesaing, sedang di sisi lain bank-bank asing yang telah lebih maju dalam hal ini semakin banyak dan semakin luas wilayah operasinya di Indonesia. Berdasarkan hal-hal tersebut, dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) apakah fee based income dapat dijadikan alternatif sumber pendapatan dan bagaimanakah prospeknya di masa mendatang? (2) Jika dapat, produk-produk fee based income apa yang dapat dijadikan unggulan ? dan (3) strategi apakah yang diperlukan untuk mengembangkannya sedangkan tujuan dari pelaksanaan geladikarya ini secara umum adalah untuk mengkaji produk-produk fee based income apa yang dapat dijadikan alternatif sumber pendapatan dan secara khusus untuk mencari strategi pengembangannya. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan geladikarya ini diharapkan berguna sebagai bahan masukan bagi perusahaan dan sebagai sarana untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh bagi penulis. Penelitian difokuskan pada produk-produk fee based income yang saat ini dimiliki oleh PT. Bank B, dengan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta studi literatur. Metode analisa adalah analisa SWOT yang kemudian direfleksikan dalam EFE Matriks, IFE Matriks, IE Matriks dan TOWS Matriks untuk memperoleh alternatif strategi yang sesuai dengan kondisi yang dihadapi oleh PT. Bank B.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151302
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R11RAP.pdf
  Restricted Access
2.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.