Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151274
Title: Kajian Strategi Harga Dalam Hubungannya Dengan Positioning Produk Daging Olahan Pada PT. Kemang Food Industries
Authors: Herlina, Lien
Siregar, Hermanto
Dewi, Febriantina
Issue Date: 1996
Publisher: IPB University
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji strategi harga yang telah dijalankan, dan bagaimana serta dampaknya terhadap positioning produk, (2) melihat sejauh mana positioning setiap merek produk PT. Kemang Food Industries dapat melekat di benak konsumen, (3) melihat sensitifitas harga dari setiap merek produk PT. Kemang Food Industries. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengambilan contoh (sample frame) konsumen retail dilakukan secara acak: pada empat unit wilayah di Jakarta. Setiap unit pemasaran diambil tiga buah pasar swalayan. Berdasarkan hasil penelitian, strategi harga temyata mempunyai pengaruh yang besar terhadap persepsi konsumen pada produk daging olahan, karena konsuĀ­rpen beranggapan bahwa harga identik dengan kualitas. Berdasarkan analisis citra, merek Villa menempati tempat teratas berdasarkan harga mutu/kualitas, dan rasa produk. Kemchicks menempati tempat kedua dalam harga, mutu/kualitas, dan rasa, sedangkan Chef's menempati tempat yang terendah diantara pesaingnya untuk harga. Positioning ini sesuai dengan positioning yang ditetapkan oleh manajemen PT. Kemang Food Industries. Berdasarkan analisis sensitivitas harga, Villa mempunyai pangsa pasar terbesar, walaupun tidak begitu stabil terhadap perubahan harga. Dengan demikian disarankan harga Villa sebaiknya ditetapkan selalu berada di atas pesaing, karena dapat menyebabkan kanibalisme diantara merek-merek produk PT. Kemang Food Industries serta merusak citra yang sudah ada di benak konsumen saat ini.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151274
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R6DFA.pdf
  Restricted Access
9.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.