Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151264
Title: Rencana Stategis Peningkatan Kerjasama Usaha Antara Pt.Bank X Dengan Perum Pengembangan Keuangan Koperasi
Authors: Djohar, Setiadi
Saptono, Imam Teguh
Prideaka, Sinthia
Issue Date: 1998
Publisher: IPB University
Abstract: Kegiatan penyaluran kredit kepada koperasi dan usaha kecil, kredit program dan kredit umum, adalah salah satu kebijakan pemerintah dalam rangka menggerakkan perekonomian rakyat dalam rangka mempersempit kesenjangan yang terjadi pada masyarakat Indonesia. Untuk mendukung kelancaran kegiatan kredit, maka dikenalkan sistem penjaminan kredit yang dapat menurunkan keragu- raguan pihak perbankan dalam pengucuran kredit kepada koperasi yang sampai saat ini masih mendapat penilaian minor deri masyarakat. Kerjasama usaha antara PT. Bank X sebagai kreditur dan Perum Pengembangan Keuangan Koperasi (Perum PKK) sebagai pihak penjamin kredit yang ideal dan harmonis akan sangat banyak mendukung pemerintah dalam pencapaian sasaran pembangunan ekonomi nasional. Rumusan permasalahan yang ada adalah (1) bagaimana efektivitas kerjasama usaha antara PT. Bank X dan Perum PKK selama ini, (2) faktor-faktor dominan apa yang mempengaruhi efektivitas kerjasama usaha dan (3) bagaimana rencana strategis untuk peningkatan sinergi kerjasama usaha. Tujuan geladikarya di PT. Bank X dan Perum PKK adalah (1) mengkaji dan mengevaluasi pola kerjasama usaha antara PT. Bank X dan Perum PKK serta nasabah koperasi, (2) mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kerjasama usaha dan (3) menyusun alternatif rencana strategis bagi PT. Bank X dan Perum PKK untuk lebih meningkatkan pencapaian sinergi. Metode yang digunakan adalah studi kasus pada kegiatan penyaluran kredit dan penjaminan kredit umum maupun kredit program. Analisis makro dilakukan untuk mengenali pola hubungan antara ketiga pihak yang bekerja sama. Analisis mikro, meliputi Analisis SWOT dan Analisis Kesenjangan Persepsi, dilakukan untuk menyusun rencana strategis bagi PT. Bank X dan Perum PKK. Analsis SWOT dilakukan untuk mengetahui kebutuhan perusahaan dan tuntutan lingkungan industri terhadap masing-masing perusahaan. Analisis Kesenjangan Persepsi dilakukan untuk menilai tingkat kesenjangan antara persepsi PT. Bank X dan persepsi Perum PKK mengenai hubungan kerjasama usaha ini. Tingkat signifikansi perbedaan persepsi dilakukan dengan ujit untuk dua sampel berpasangan (Levin et al., 1994). Pengumpulan data pada analisis persepsi dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pimpinan dan karyawan PT. Bank X den Perum PKK yang pernah dan masih terlibat kerjasama dengan mitra. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151264
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R13SPA.pdf
  Restricted Access
4.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.