Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151248
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyah, Hamdani M.-
dc.contributor.advisorHermawan, Aji-
dc.contributor.authorMuanas-
dc.date.accessioned2024-05-23T07:45:50Z-
dc.date.available2024-05-23T07:45:50Z-
dc.date.issued1998-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151248-
dc.description.abstractCV. Citra Pangan Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang melakukan kegiatan produksi produk nata de coco. Perusahaan ini memproduksi nata de coco dalam kemasan gelas plastik dengan merek dagang "Ta coco" dan "Wicoco". Sebagai perusahaan yang baru berkembang, maka kodisi perusahaan masih terlalu lemah dalam pemasarannya karena produk yang dihasilkan belum dikenal oleh konsumennya. Kelemahan dalam pemasarannya tersebut yang mengakibatkan terjadinya konsumen/pelanggan enggan untuk memanfaatkan kesempatan mendapatkan potongan tunai (cash discount) yang disediakan oleh perusahaan. Sehingga keinginan perusahaan untuk melakukan penjualan secara tunai tidak sepenuhnya dapat dicapai dan sebagai akibatnya penjualan secara kredit harus ditempuh. Berdasarkan kenyataan semacam itu maka dirumuskan masalah: (1) Bagaimana fihak manajemen mempertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk memberikan kredit kepada pembeli yang melakukan pembelian secara kredit. (2) Faktor-faktor apa saja yang diperhitungkan oleh fihak manajemen dalam pengambilan keputusan tersebut dan (3) Langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam rangka menghindari kredit yang kemungkinan macet karena tidak terbayar oleh debitur. Geladikarya ini bertujuan (1) Mengkaji bagaimana fihak manajemen memutuskan untuk memberikan kredit (penjualan secara kredit) kepada konsumen dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama. (2) Mengkaji faktor-faktor penting apa saja yang dipertimbangkan oleh fihak manajemen dalam mengelola penjualan secara kredit (3) Memformulasikan strategi dan langkah alternatif yang dapat dilakukan oleh fihak perusahaan untuk menghindari terjadinya debitur yang tidak dapat memenuhi kewajibannya sehingga seluruh tagihan dapat diterima. Penelitian dilakukan pada CV. Citra Pangan Mandiri Darmaga Bogor mulai bulan Juni 1998 sampai dengan bulan Juli 1998. Metodologi penelitian adalah studi kasus. Jenis data yang digunakan terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari sumber intern perusahaan. ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Keuanganid
dc.titleAnalisis Kebijakan Penjualan Kredit Pada Cv Citra Pangan Mandiri, Bogorid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordanalisis kebijakanid
dc.subject.keywordkreditid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R12MNS.pdf
  Restricted Access
2.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.