Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151218
Title: Strategi Distribusi Produk Nata De Coco Cv. Citra Pangan Mandiri Bogor
Authors: Sumarwan, Ujang
Harianto
Rosadi, Riza
Issue Date: 1998
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian dilakukan di CV. Citra Pangan Mandiri Darmaga Bogor mulai bulan Januari 1998 sampai dengan Pebruari 1998. Metodologi penelitian adalah studi kasus. Jenis data yang digunakan terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data tersebut diperoleh dari sumber eksternal dan internal perusahaan. Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah Purposive Samples, yakni pengambilan unsur sampel atas dasar tujuan tertentu sehingga memenuhi keinginan dan kepentingan peneliti. Data yang diperlukan dalam penelitian dikumpulkan melalui beberapa cara, yaitu: observasi di perusahaan, wawancara dengan pihak manajemen, wawancara dan penyebaran kuisioner kepada sampel penyalur terpilih dan studi pustaka. Data yang telah dikumpulkan, diolah, dan dianalisis dengan menggunakan berbagai alat analisis. Dengan mempertimbangkan ketersediaan data dan informasi yang ada, maka alat analisis yang digunakan adalah (1) Analisis Industri untuk melihat kondisi eksternal perusahaan, (2) Rantai Nilai (value chain) untuk menilai kondisi internal perusahaan, (3) Analisis Strategi Pemasaran, (4) Metode Nilai Faktor Tertimbang (weighted factor score method) untuk mengetahui strategi saluran distribusi terbaik. Hasil analisis lingkungan usaha yang dilakukan diketahui bahwa perusahaan sekarang berada pada industri tahap pertumbuhan. Setiap perusahaan yang berada dalam industri yang sedang mengalami pertumbuhan harus menerapkan strategi yang berusaha meningkatkan pangsa pasar seluas-luasnya. Strategi segmentasi berdasarkan wilayah geografi yang ditempuh saat ini lebih cocok pada industri yang sedang dalam tahap awal pertumbuhan sedangkan untuk tahap pertumbuhan yang pesat maka segmentasi berdasarkan demografi dengan mempertimbangkan tingkat pendapatan pasar sasaran adalah lebih tepat. Pemilihan segmen pasar masyarakat kelas menengah ke bawah adalah tepat mengingat sebagian besar anggota masyarakat Indonesia termasuk golongan ini. Upaya memposisikan produk nata de coco yang dihasilkannya sebagai minuman sehat dan segar yang dapat dinikmati dalam setiap kondisi perlu didukung upaya pengenalan dan promosi yang gencar kepada masyarakat luas. Mengamati apa yang telah dilakukan oleh CV. Citra Pangan Mandiri dalam menciptakan dan mengembangkan bauran pemasaran maka dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi bauran pemasaran yang dijalankan perusahaan masih harus ditingkatkan. Dalam hal produk, perusahaan harus dapat mempertahankan kualitas produk yang ada bahkan terus ditingkatkan. Perusahaan perlu melakukan pengembangan produk melalui perpanjangan dan perluasan lini produk. Kebijakan harga yang selama ini telah dilakukan CV. Citra Pangan Mandiri perlu dikembangkan. Strategi diskriminasi harga dapat diperluas karena perbedaan wilayah dan tingkat pendapatan. Promosi yang ada perlu terus ditingkatkan untuk menghasilkan loyalitas pelanggan melalui pemasaran langsung dan potongan harga. Strategi distribusi yang ada perlu dirancang ulang dengan lebih baik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151218
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R12RRI.pdf
  Restricted Access
4.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.