Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151213
Title: Analisis Kelayakan Investasi Penambahan Kapasitas Produksi Pt Unitra Adhijaya
Authors: Syah, Hamdani M.
Hermawan, Aji
Sani, Asrul
Issue Date: 1998
Publisher: IPB University
Abstract: Keputusan melakukan investasi atau Capital Budgeting Decision, merupakan salah satu dari keputusan strategis yang penting. Salah satunya adalah penambahan kapasitas produksi perusahaan. Hal ini disebabkan oleh besarnya dana yang diperlukan dan permasalahan lain yang harus diperhitungkan seperti sumberdaya manusia, proyeksi penjualan dan aspek keuangan di masa yang akan datang dan penyiapan aspek administrasinya. PT Unitra Adhijaya, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan ekspor pakaian jadi (jenis jaket), saat ini mengalami permasalahan tidak mampunya kapasitas yang ada memenuhi seluruh permintaan dari pelanggannya (buyers). Kapasitas yang ada saat ini hanya 720.000 buah (pes) per tahun sedangkan permintaan melebihi kapasitas tersebut sehingga sebagian dilakukan subkontrak (cutting, making dan triming/CMT) ke perusahaan lain. Dalam melakukan tambahan investasi, perusahaan sangat mengharapkan agar kinerja yang selama ini telah cukup baik dapat lebih ditingkatkan lagi. Oleh karena itu tujuan geladikarya ini adalah untuk (1) melakukan analisis internal dan eksternal perusahaan dan analisis SWOT (2) meramalkan/memproyeksikan penjualan (ekspor) di masa yang akan datang (3) Melakukan analisis finansial rencana investasi (4) Melakukan analisis sensitivitas bila terjadi penurunan penjualan dari proyeksi yang disusun akibat adanya rencana penambahan investasi tersebut. Analisis difokuskan pada pada aspek finansial dan beberapa aspek lain yang berkaitan, sedangkan kelayakan investasi diukur dari kriteria Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period (PBP). Dasar perhitungan digunakan hasil proyeksi keuangan yang dilakukan secara kuantitatif dengan metoda time series (model dekomposisi), regresi sederhana dan proyeksi atas dasar pangsa pasar yang didukung oleh asumsi-asumsi dasar keuangan dan investasi. Berdasarkan hasil analisis SWOT perusahaan dapat dikemukakan kondisi sebagai berikut: Permintaan akan produk jaket selama lima tahun terakhir meningkat sementara realisasi ekspor belum dapat memenuhi seluruh permintaan tersebut, sehingga terdapat sebagian kuota (permintaan) yang tidak dapat direalisir. PT Unitra Adhijaya termasuk pemain utama dalam produksi dan ekspor produk jaket (kategori 21) yang berada di rangking 7 (tahun 1995) dan 4 (tahun 1996), dengan pangsa pasar berkisar sebesar 5%. Sementara itu kapasitas perusahaan tidak mencukupi permintaan pelanggannya (pangsa pasar tersebut). Aktiva (asser) dan perolehan laba (profitability) perusahaan meningkat dari tahun ke tahun yang menggambarkan bahwa manajemen perusahaan dapat dijalankan dengan baik. Dengan demikian diharapkan manajemen akan mengelola peningkatan atau tambahan kapasitas yang akan dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan/ kenaikan permintaan. Adanya dukungan bahan baku dan bahan pembantu baik dari pemasok di dalam dan luar negeri sehingga untuk memenuhi produksinya perusahaan tidak akan mengalami kesulitan berarti. Selain itu dukungan tenaga manajemen yang cukup ahli dan kemudahan penyediaan tambahan tenaga kerja mudah saaĆ„ ini...dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151213
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R11ASN.pdf
  Restricted Access
3.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.