Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151181
Title: Strategi Pemasaran Bisnis Bunga Potong" Pada Perusahaan Pt Eldadi Usaha Flora"
Authors: Sumarwan, Ujang
Wahyudi
Ratnawita
Issue Date: 1998
Publisher: IPB University
Abstract: Eldadi Usaha Flora yang didirikan pada tahun 1993 di Jakarta adalah perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis florikultura. Salah satu dari lini produk nya adalah bunga potong yang terdiri dari bunga Chrysanthemum, Carnation, Gerbera, dan lain-lain. Selain memasarkan bunga potong, EUF juga memasarkan tanaman daun-daunan, seperti Asparagus, Florida beauty, futoy, dan lain-lain. PT. Eldadi Usaha Flora memasok produknya antara lain ke toko bunga, hotel dan penata dekorasi ruangan, di Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia. Dalam usaha pemasarannya, Eldadi Usaha Flora belum mencapai target penjualan seperti yang diharapkan. Dari target penjualan yang ditetapkan baru tercapai 30,30%. Hal ini antara lain disebabkan masih terbatasnya pasokan bunga potong yang tersedia sementara kebutuhan konsumen akan bunga potong sangat berfluktuatif. Selain itu dalam rangka pemasaran bisnis bunga potongya Eldadi Usaha Flora belum mempunyai strategi pemasaran yang sistematis. Untuk itu perlu disusun suatu rencana strategi pemasaran bisnis bunga potong PT. Eldadi Usaha Flora. Strategi pemasaran yang akan disusun tersebut perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Tujuan dari Geladikarya ini adalah menyusun dan merekomendasikan beberapa alternatif strategi pemasaran yang sesuai bagi pengembangan bisnis bunga potong pada perusahaan PT. Eldadi Usaha Flora. Pendekatan yang dilakukan menggunakan beberapa alat analisis: Analisis faktor internal dan eksternal perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT yang berpedoman pada misi dan tujuan perusahaan. Analisis struktur industri didasarkan lima kekuatan yang mempengaruhi tingkat persaingan dalam industri yaitu persaingan diantara perusahaan dalam industri, ancaman dari pendatang baru, ancaman dari produk substitusi, kekuatan tawar menawar pembeli dan pemasok. Strategi pemasaran yang akan diterapkan melalui pendekatan teori pemasaran. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan perusahaan yang terbesar adalah memiliki hubungan baik dengan pemasok dan pelanggan setia yang tetap. Hal ini merupakan sumber kekuatan dan peluang yang besar untuk mengembangkan dan memasarkan bisnis bunga potongnya. Selain itu kualitas produk yang tetap terjaga serta ditunjang dengan sarana distribusi yang memadai membuat bisnis bunga potong PT. Eldadi Usaha Flora dapat berkembang dengan baik...dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151181
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R10RWT.pdf
  Restricted Access
3.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.