Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151159
Title: Strategi Pemasaran Cek Perjalanan Bri (Cepebri)Pt.Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Khusus
Authors: Wahyudi
Maulana, Agus
Sutanto, Darmawan
Issue Date: 1999
Publisher: IPB University
Abstract: Meningkatnya suku bunga simpanan menyebabkan biaya dana perbankan tinggi, maka harus dilakukan perubahan portofolio simpanan agar dapat menghimpun dana dengan biaya minimal. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan jumlah produk dana yang ditawarkan, memiliki produk Cek Perjalanan dengan merek CEPEBRI, sebagai alternatif menghimpun dana masyarakat. Bagi BRI, CEPEBRI memberikan keuntungan karena biaya dana (cost of fund) minimal sementara sifatnya yang praktis, fleksibel dan tidak mengenal jangka waktu, merupakan keuntungan bagi pemakai cek perjalanan tersebut. Penjualan CEPEBRI mengalami peningkatan pesat pada tahun-tahun pertama peluncurannya, namun sejak lima tahun terakhir ini penjualannya cenderung stabil bahkan tidak dapat mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Dengan kondisi penjualan CEPEBRI yang kurang menggembirakan, sementara dipihak lain CEPEBRI adalah sarana menghimpun dana dengan biaya bunga minimal, maka dengan dilaksanakannya Geladikarya ini bertujuan untuk :1) melakukan kajian terhadap strategi pemasaran CEPEBRI yang telah dilakukan, 2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penjualan CEPEBRI dan 3) mengembangkan formulasi alternatif strategi pemasaran CEPEBRI, agar dapat meningkatkan penjualannya. Geladikarya ini diharapkan bermanfaat bagi perusahaan dengan alternatif strategi yang diusulkan / direkomendasikan. Dari hasil penyebaran kuesioner terhadap 121 responden, konsumen utama CEPEBRI adalah bekerja sebagai pedagang (62,8% dari responden). Sebanyak 87 orang atau 72 persen dari responden mengatakan bahwa tujuan utama pembelian CEPEBRI adalah untuk membantu aktivitas bisnis atau berdagang, sehingga dapat dikatakan bahwa segmen utama CEPEBRI adalah pedagang. Sejumlah 31 responden pengguna CEPEBRI, adalah pedagang yang memperdagangkan komoditas agribisnis. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151159
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R14DSO.pdf
  Restricted Access
4.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.