Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151041
Title: Formulasi Pengembangan Program Pelayanan Nasabah Produk Tabungan Di Pt.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Bogor
Authors: Herlina, Lien
Suroso, Arif Iman
Kurniawan, Rachmat
Issue Date: 1999
Publisher: IPB University
Abstract: suatu kondisi dimana produk dan fasilitas yang ditawarkan kepada konsumen menjadi tidak berbeda antara bank yang satu dengan yang lain. Seperti misalnya fasilitas Automatic Teller Machine (ATM), dalam beberapa waktu yang lalu hanya bank-bank besar saja yang memiliki fasilitas ini, akan tetapi dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama bank-bank lain juga memilikinya, sehingga sudah tidak dapat dijadikan selling point lagi. Juga pada saat ini hanya beberapa bank saja yang memberikan fasilitas debit card atau smart card. Kalau konsep ini akhirnya diterima dengan baik oleh konsumen, maka tidak lama lagi nasibnya juga akan sama dengan kartu ATM. Dengan demikian pada saatnya nanti (atau saat ini sudah) persaingan antar bank tidak akan terjadi di produk dan fasilitas melainkan di service/pelayanan. Bank-bank yang memberikan layanan lebih baiklah yang akan dicari oleh nasabah dan ketidak puasan nasabah akan mudah sekali membuatnya pindah ke bank lain. Nasabah akhirnya juga tidak mudah dibujuk oleh suatu promosi iklan tentang suatu produk atau fasilitas, karena awareness mereka akan produk-produk dan fasilitas-fasilitas perbankan sudah tinggi, sehingga mereka akan mengevaluasinya dengan hati-hati. Pentingnya faktor pelayanan memang sudah tidak dapat ditolak oleh bank, karena bisnis perbankan sebenarnya merupakan bisnis layanan (service). Faktor- faktor seperti fasilitas yang lebih baik dan canggih sebenarnya hanya features yang akan meningkatkan pelayanan kepada nasabahnya. Dengan sentralnya posisi pelayanan kepada nasabah, maka bank dituntut untuk setiap saat mengetahui apa yang dirasakan oleh nasabahnya, dan bagaimana sebenarnya perlakuan staf dan pejabat bank terhadap nasabahnya. Dan pelayanan yang di 'delivered oleh bank (melalui cabang-cabangnya) kepada nasabahnya tersebut dapat diukur dari keputusan nasabah dalam berhubungan dengan bank tersebut. Timbulnya perasaan puas/tidak puas yang dimiliki oleh nasabah dipengaruhi oleh perlakuan, pelayanan dan informasi yang diterima oleh nasabah tersebut dari bank. Dan di antara hal-hal tersebut yang paling berpengaruh adalah pelayanan langsung yang diterima oleh nasabah tersebut sewaktu mereka menerima layanan dari staf dan outlet bank. Oleh karena itu hal ini harus terus-menerus dipantau, dst...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151041
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R14RKN.pdf
  Restricted Access
11.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.