Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150781
Title: Analisa strategi bersaing produk fillet kakap merah beku PT. Tirta Raya Mina Cabang Jakarta
Authors: Nurhayati, Popong
Oktariza, Wawan
Hamdan, Ulfa Khaerawati
Issue Date: 2003
Publisher: IPB University
Abstract: PT Tirta Raya Mina (PT TRM) merupakan Badan Usaha milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang perikanan dengan bentuk usaha Persero. Adapun salah satu kegiatan usaha PT TRM adalah ekspor filler Kakap Merah beku. Dalam menjalankan usahanya, PT TRM menghadapi persaingan pasar, sehingga perusahaan harus merumuskan suatu strategi bersaing yang dapat mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan usahanya. Dari kondisi tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor eksternal dan intermal perusahaan, menganalisis lima faktor kekuatan persaingan perusahaan, dan merumuskan alternatif strategi bersaing bagi perusahaan. Analisis data dilakukan dengan teknik pengambilan keputusan Proses Hirarki Analitik (PHA) dengan penilaian komparasi berpasangan. Dari hasil analisis pada struktur hirarki utama diperoleh faktor internal yang menjadi prioritas utama adalah faktor sumberdaya perusahaan yang mengandung kekuatan dan kelemahan yang sangat berpengaruh pada kelanjutan aktifitas perusahaan dan faktor eksternal yang menjadi prioritas utama adalah faktor pasar karena pasar akan sangat mempengaruhi strategi bersaing perusahaan. Lima faktor kekuatan persaingan ditunjukkan pada struktur hirarki kedua, dan yang merupakan prioritas utama adalah kriteria pasar karena posisi persaingan secara umum ditentukan oleh pangsa pasar yang dikuasai perusahaan. Pada struktur hirarki ketiga diperoleh tiga alternatif strategi bersaing yang utama yaitu strategi horisontal, pada strategi ini diharapkan PT TRM dapat menghasilkan produk perikanan beku lainnya selain fillet Kakap Merah beku dan Tuna. Strategi integrasi merupakan strategi yang kedua yaitu ditekankan pada integrasi balik, dan strategi fokus dalam industri merupakan strategi yang ketiga, dalam hal ini PT TRM mencari pembeli lain di negara Amerika Serikat, sehingga tidak tergantung pada satu pembeli saja.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150781
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
C03ukh.pdf
  Restricted Access
16.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.