Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150778
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKuntjoro-
dc.contributor.authorNugroho, Paulus-
dc.date.accessioned2024-05-21T02:25:55Z-
dc.date.available2024-05-21T02:25:55Z-
dc.date.issued2003-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150778-
dc.description.abstractUsaha pembudidayaan ikan hias air tawar dapat menciptakan nilai tambah secara signifikan bagi masyarakat Indonesia pada masa krisis ekonomi saat ini. Hal ini disebabkan oleh komoditas ikan hias air tawar memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di pasar Ikan cupang hias (Betta splendens) merupakan primadona baru ikan hias air tawar yang memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan. Nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan jenis ikan hias air tawar lainnya, lahan untuk kegiatan budidaya yang relatif sempit, ketersediaan pakan alami yang berlimpah, serta iklim tropis yang memungkinkan kegiatan budidaya dapat berlangsung sepanjang tahun merupakan keunggulan ikan cupang hias. Penelitian mengenai analisis finansial dan pemasaran budidaya ikan cupang hias dilakukan di Kelurahan Slipi, Kecamatan Palmerah, Kotamadaya Jakarta Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat kelayakan skala usaha budidaya ikan cupang hias yang dapat memberikan peningkatan pendapatan bagi petani berdasarkan kriteria finansial (2) mengetahui karakteristik kegiatan budidaya ikan cupang hias di lokasi penelitian ditinjau dari aspek teknis dan aspek kelembagaan (3) mengetahui lembaga dan saluran pemasaran ikan cupang hias di lokasi penelitian ditinjau dari aspek pemasaran. Berdasarkan hasil analisis finansial dengan menggunakan discount rate 16 persen, diperoleh kesimpulan bahwa budidaya ikan cupang hias skala kecil dan skala besar layak untuk dilaksanakan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai NPV positif untuk skala kecil dan skala besar masing-masing sebesar 14.247,653,36 dan 39.059.161,58. Nilai IRR mencapai 87 persen dan 94 persen, nilai Gross B/C mencapai 1,82 dan 2,61. Payback Periode terjadi pada tahun ke-2 untuk budidaya skala kecil dan pada tahun ke-2 bulan ke-1 untuk budidaya skala besar. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa pada tingkat discount rate 16 persen, budidaya ikan cupang hias skala kecil dan skala besar sensitif/peka terhadap penurunan volume produksi dan penurunan harga output, namun tidak sensitif terhadap kenaikan harga input. Terdapat tiga pola saluran pemasaran di Kelurahan Slipi yakni: (1) petani pedagang pengumpul pedagang besar pedagang pengecer konsumen, (2) petani pedagang besar pedagang pengecer - konsumen, dan (3) petani - pedagang pengecer konsumen. Hasil analisis pendapatan usahatani per musim budidaya ditunjukkan oleh nilai R/C Ratio sebesar 1,40 untuk budidaya skala kecil dan 1,71 untuk budidaya skala besar. Hasil analisis marjin pemasaran menunjukkan bahwa sebaran marjin pemasaran tidak merata pada setiap lembaga pemasaran dan nilai farmer's share tertinggi terdapat pada saluran pemasaran dua…dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis finansial dan pemasaran budidaya ikan cupang hias (Betta splendens) di Kelurahan Slipi, Palmerah, Jakarta Baratid
dc.typeUndergraduate Thesisid
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A03pnu.pdf
  Restricted Access
19.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.