Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150764
Title: Analisis posisi persaingan produk yellowfin tunas frozen dan fish fillet dalam pemasaran ekspor PT Bonecom, Muara Baru, Jakarta Utara
Authors: Oktariza, Wawan
Nurhayati, Popong
Alia, Maria Agnes Esa
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Sektor perikanan memberikan kontribusi yang nyata dari pemerintah untuk mempromosikan komoditas ekspor non-migas sebagai sumber pendapatan devisa negara. Komoditas tuna dan fish fillet merupakan salah satu komoditas ekspor terpenting di samping komoditas perikanan lainnya yang dapat dijadikan sumber pendapatan devisa negara. PT BONECOM sebagai salah satu perusahaan pengolahan tuna dan fish fillet berusaha memenuhi permintaan perusahaan importir dalam hal penyediaan tuna dan fish fillet. Keberadaan PT BONECOM terhadap perusahaan pesaingnya dapat dikatakan cukup berkompeten dan saling berusaha merebut pasar sasaran yang sama di luar negeri. Alternatif strategi perusahaan dalam mempertahankan kekuatan/peluang pasar dan menangani kelemahan serta ancaman yang ada dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Untuk mengetahui posisi produk perusahaan terhadap perusahaan pesaingnya dianalisis dengan menggunakan matriks BCG (Boston Consulting Groups). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta merumuskan strategi pemasaran ekspor produk Yellowfin Tunas Frozen dan fish fillet yang dilakukan oleh PT BONECOM dan menganalisis posisi persaingan produk Yellowfin Tunas Frozen dan fish fillet yang dihasilkan PT BONECOM terhadap pesaingnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi produk Yellowfin Tunas Frozen berada di kuadran Cash Cows dan posisi produk Fish Fillet berada di kuadran Dogs. Hal ini berarti perusahaan harus tetap mempertahankan kedua produk ini dengan strategi yang berbeda untuk masing-masing portfolio produk. Untuk produk Yellowfin Tunas Frozen strategi yang dapat dilakukan perusahaan adalah diversifikasi produk. Strategi untuk produk Fish Fillet adalah dengan cara tetap mempertahankan volume penjualannya yang relatif kecil serta tidak memaksakan diri untuk menaikkan volume penjualan secara besar-besaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150764
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
C02mae.pdf
  Restricted Access
17.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.