Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150737
Title: Pengaruh iklan terhadap tingkat konsumsi produk ikan kaleng pada rumah tangga di Wilayah Kabupaten Bogor : Studi kasus di Perumahan Taman Pagelaran, Kelurrahan Padasuka, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor
Authors: Nurhayati, Popong
Sabari, Moch Prihatna
Rahastuti, Pratiwi
Issue Date: 1999
Publisher: IPB University
Abstract: Untuk memenuhi kebutuhan akan konsumsi ikan kaleng sebagai ikan olahan pengganti ikan segar di kabupaten bogor, dibutuhkan kegiatan pemasaran yang dapat memindahkan produk dari produsen ke konsumen. Kondisi kabupaten yang memiliki produksi ikan yang ada didaerah tersebut masih belum memenuhi kebutuhan konsumsi ikan akan sangat berdampak pada preferensi dan pola konsumsi masyarakatnya. Strategi pemasaran sebagai perangsang kegiatan konsumsi perlu pula ditunjang oleh suatu media yang bisa memperkenalkan produk Ikan kaleng tersebut di pasaran seperti promosi. Iklan merupakan salah satu bentuk media promosi yang sangat persuasif yang bisa menghubungkan produsen dengan konsumen. Iklan juga merupakan sumber informasi terhadap produk yang dipasarkan yang akan mempengaruhi konsumen untuk membeli. Hal ini menarik untuk dilakukan penelitian tentang seberapa jauh iklan berpengaruh terhadap pola konsumsi rumah tangga di kabupaten Bogor dengan bermacam media yang dipergunakan. Dengan mengetahui ada tidaknya pengaruh iklan tersebut serta faktor-faktor yang mempengaruhinya terhadap preferensi dan tingkat konsumsi ikan kaleng diharapkan dapat diketahui implikasi bagi pengembangan perikanan pada sentra produksi maupun industri dalam distribusi atau pemasaran di Kabupaten Bogor. Berdasarkan uraian diatas dapat dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu bagaimanan iklan mempengaruhi tingkat konsumsi produk ikan kaleng pada rumah tangga di Perumahan Taman Pagelaran, Kelurahan Padasuka. Kecamatan Ciomas. Kabupaten Bogor Sebagai satuan kasus. Disamping itu dapat pula diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi produk ikan kaleng tersebut dan bagaimana tanggapan terhodop produk ikan kaleng serta dapat diketahui medium apa yang paling efektif diterapkan sebagai stragtegi pemasaran Berawal dari permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektifitas dan pengaruh iklan terhadap tingkat konsumsi produk ikan kaleng rumah tangga di Perumahan Taman Pagelaran, Kelurahan Padasuka. Kecamatan Ciomas. Kabupaten Bogor, (2) mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi serta tanggapan konsumen terhadap produk ikan kaleng yang ditawarkan ( yang ada dipasaran). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan satuan kasusnya adalah konsumen yang ada pada Perumahan Taman Pagelaran, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Stratified Cluster Sampling dan sampel yang diambil menjadi responden adalah rumah tongga pada Perumahan Taman Pagelaran. Responden dipilih secara sengaja berdasarkan pengkelasan proporsi mata pencaharian. Penentuan contoh dilakukan dengan cara membagi wilayah Perumahan Taman Pogelaran menjadi enam wilayah berdasarkan rukun warga (RW) yang ada didalamnya. Tiap rukun warga memiliki karakteristik yang heterogen sehingga dilakukan pengkelasan berdasarkan pada proporsi mata pencaharian sehingga dapat diketahui selong pembagian pendapatan dari tiap-tiap mata pencaharian berdasarkan data demografi Kelurahan Padasuka menjadi rumah tangga kelas atas, menengah dan bawah. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis kuantitatif dengan perhitungan linier sederhana beserta ujinya dan analisis deskriptif sebagai ilustrasi umum karakteristik contoh yang diambil. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150737
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
C99pra2.pdf
  Restricted Access
15.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.