Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150701
Title: Penyusunan Rencana Pemasaran Dalam Rangka Pengembangan Bisnis Chain Store Sepatu Olah Raga Action" Pada Pt Husada Remindo"
Authors: Herlina, Lien
Wahyudi
Darwis, Sylvia Wisna
Issue Date: 1994
Publisher: IPB University
Abstract: PT Haseda Remindo pada pertengahan November 1993 membuka sebuah toko sepatu olahraga yang diberi nama "ACTION!" for active people (untuk lebih memudahkan selanjutnya disebut "ACTION!" saja), yang rencananya akan merupakan toko pertama dari serangkaian chain store yang akan dibuka kemudian. Toko pertama ini berlokasi di Cinere Mall, daerah Cinere, Sawangan, di bilangan Selatan Jakarta. Konsep chain store ini adalah menawarkan sepatu olahraga bermutu baik dengan Core compe- tence berupa customer service, yaitu memberikan konsultasi gratis dalam pemilihan dan penggunaan sepatu olahraga. Bisnis retail sepatu olahraga "ACTION!" ini mempunyai permasalahan yang dapat dikelompokkan ke dalam permasalahan jangka sangat pendek (1-4 bulan), jangka pendek (1 tahun), dan jangka menengah sampai panjang (3-5 tahun). Permasalahan jangka sangat pendeknya adalah pencapaian penjualan dari toko di Cinere Mall (pertengahan November 1993 sampai bulan Maret 1994) yang sangat rendah, yaitu hanya 20% dari target yang telah ditetap- kan. Sedangkan permasalahan jangka pendek, menengah sampai panjang adalah belum terdapatnya Rencana Pemasaran yang lengkap dan sistematis dalam rangka pengembangan bisnis chain store sepatu olahraga "ACTION!". Tujuan dari Geladikarya ini adalah menyusun Rencana Pemasar an dalam rangka mengembangkan bisnis chain store sepatu olahraga "ACTION!" dari Divisi retail PT Haseda Remindo. Laporan Geladi- karya ini menekankan pada analisa industri, pengamatan perilaku dan karakteristik target konsumen, pemecahan permasalahan jangka sangat pendek, Strategi Pemasaran, Rencana Pemasaran serta Renca- na Pembentukan Sistem Franchise. Dalam menyusun Rencana Pemasaran, dilakukan proses sebagai berikut: 1) penentuan misi perusahaan, 2) analisa eksternal dan internal perusahaan, 3) pencocokan peluang dan ancaman dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan, 4) penyusunan Strategi Pemasa- ran dan Rencana Pemasaran. Dari analisa eksternal diidentifikasi bahwa faktor-faktor ekonomi, sosial dan politik di Indonesia maupun di dunia mendu- kung perkembangan industri retail sepatu olahraga, sedangkan faktor-faktor kemajuan teknologi selain memberikan peluang bagi perkembangan industri ini juga memberikan ancaman melalui perce- patan terjadinya perubahan-perubahan selera dan pola konsumsi konsumen…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150701
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R3SWD.pdf
  Restricted Access
51.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.