Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150668
Title: Studi perbandingan pemasaran Ikan Bandeng (Chanos chanos) di Kotamadya Daerah Tingkat II Malang : Studi kasus pada proyek pemasaran ikan basah dan pedagang besar di pasar induk gadang Kotamadya Daerah Tingkat II Malang
Authors: Fausia, Lusi
Sobari, Moch.Prihatna
Handayani, Tutik
Issue Date: 1995
Publisher: IPB University
Abstract: Kotamadya Daerah Tingkat II Malang tahun 1992/1993 berpenduduk 677.608 jiwa, dengan produksi perikanan sebesar 45.300 kg. Hal ini berarti kontribusi pemenuhan konsumsi ikan yang dapat dipenuhi oleh produksi perikanan dari Kota- madya Daerah Tingkat II Malang baru sebesar 0,07 kg/kapita/tahun. Oleh karena itu dalam memenuhi protein khususnya dari ikan di Kotamadya Daerah Tingkat II Malang, agar mendekati target nasional sebesar 22,5 kg/kapita/tahun salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mendatangkan ikan dari luar daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Malang. Pemasaran ikan basah khususnya ikan bandeng di Kotamadya Daerah Tingkat II Malang dilakukan oleh dua saluran pemasaran, yaitu pemasaran yang melalui Proyek Pemasaran Ikan Basah (PPIB) dan pedagang besar. Pada saluran pemasaran yang melalui PPIB lembaga yang terlibat adalah pedagang pengumpul, PPIB sebagai pedagang besar, pedagang pengecer, dan pada saluran pemasaran yang melalui pedagang besar, lembaga yang terlibat adalah pedagang pengumpul, pedagang besar, dan pedagang pengecer. Dari kedua saluran pemasaran tersebut terdapat perbedaan dalam sistem pembayaran pada pembelian ikan bandeng di tingkat pedagang pe- ngumpul, sehingga mempengaruhi besarnya harga jual, marjin pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran dan bagian harga yang diterima oleh produsen (farmer's share). ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150668
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
C95THA.pdf
  Restricted Access
18.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.