Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150579
Title: Analisis manajemen strategis penerapan sistem hazard analysis and critical control point (HACCP) pada PT Segarindo Mina Manunggal, Jakarta Utara
Authors: Diatin, Iis
Sobari, Moch. Prihatna
Puasanthy, Dinar Soviana
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Penerapan sistem manajemen HACCP mempunyai peran yang sangat penting bagi produsen atau eksportir di bidang perikanan Indonesia dalam hal mutu karena mutu dan keamanan pangan ini yang akan menjadi hambatan dalam upaya memasuki pasar internasional tetapi sekaligus juga merupakan langkah untuk mengembangkan budaya mutu dan keamanan pangan di tanah air. HACCP itu sendiri merupakan suatu sistem manajemen atau sistem pengelolaan untuk menjamin mutu dan keamanan pangan berdasarkan konsep pendekatan yang logis (rasional), sistematis dan komprehensif dalam mengidentifikasi, memonitor dan mengendalikan bahaya (hazard) baik bahaya fisika, kimia dan biologis yang beresiko tinggi terhadap mutu dan keamanan produk pangan (Sudibyo, 1995). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem HACCP, menganalisis manajemen strategis penerapan sistem HACCP dan mengetahui alternatif strategi yang diterapkan pada PT Segarindo Mina Manunggal (PT SMM) serta implementasi yang disarankan dimasa mendatang. PT Segarindo Mina Manunggal dalam penerapan sistem HACCP-nya memperoleh ranking 'B' (Good), namun untuk saat ini sistem HACCP PT SMM sudah dianggap baik karena adanya pengakuan dari The United States Departement of Commerce (USDC) Seafood Inspection Program dari Amerika Serikat yang telah melakukan audit internal HACCP pada PT SMM, tetapi walaupun demikian peningkatan HACCP akan selalu dilakukan oleh PT SMM untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi. Alternatif strategi yang ditetapkan oleh PT SMM dalam penerapan sistem HACCP ini adalah sebagai berikut: meningkatkan kepercayaan importir tehadap perusahaan untuk mengantisipasi persaingan yang semakin meningkat dengan perusahaan sejenis lainnya; pengembangan produk yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan diferensiasi produk atau penciptaan produk baru; dan penetrasi pasar untuk meningkatkan pangsa pasar melalui kegiatan pemasaran yang efektif yang bertujuan untuk menarik konsumen baru.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150579
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
C02dsp.pdf
  Restricted Access
18.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.