Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150477
Title: Analisis strategi bauran pemasaran buah segar : Studi kasus Fress-e, Kodya Depok
Authors: Limbong, Wilson Halomoan
Anantayoga, IGW
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Indonesia sebagai negara agraris memiliki kepentingan yang besar terhadap sektor pertanian. Sektor pertanian terdiri dari subsektor tanaman pangan dan subsektor tanaman perkebunan, subsektor tanaman pangan mencakup padi, palawija dan hortikultura. Kegiatan pemasaran buah-buahan akan menghadapi masalah yang berkaitan dengan sifat produk yang mudah rusak dan busuk, selain itu kualitas dan kuantitasnya belum terjamin di pasar. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat oleh perusahaan pelaku bisnis pemasaran buah-buahan untuk tetap dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat. PT. Purnama Amna Jaringan Pasar sebagai pelaku bisnis baru di bidang ini juga menghadapi masalah yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi bauran pemasaran yang dijalankan perusahaan, (2) Mengetahui penilaian konsumen terhadap strategi bauran pemasaran produk buah buahan segar yang telah dilakukan perusahaan, (3) Mengetahui alternatif strategi pemasaran apa saja yang dapat diterapkan perusahaan. Data yang digunakan terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan pimpinan serta staf toko buah segar "Fress e", wawancara dengan konsumen (responden) dengan cara pengisian daftar kuisioner serta dari arsip toko buah segar "Fresse" dan data sekunder diperoleh dengan membaca laporan perusahaan, hasil penelitian terdahulu, literatur yang relevan dengan penelitian baik yang bersumber dari perusahaan maupun instansi terkait. Selanjutnya penilaian preferensi konsumen tersebut akan di analisis kesesuaiannya terhadap pelaksanaan strategi bauran pemasaran dan akan diimplikasikan terhadap perumusan strategi bauran pemasaran perusahaan. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 70 orang dengan karakteristik sebagai berikut: berdasarkan jenis kelamin, responden didominasi oleh wanita (60 persen) dan sisanya sebesar 40 persen adalah laki laki. Usia responden cukup bervariasi dengan persentase terbesar adalah usia 20-29 tahun yaitu sebanyak 41,42 persen. Pendidikan terakhir atau yang sedang ditempuh oleh responden yang terbanyak adalah sarjana (47,14 persen) dan SLTA atau sederajat (25,71 persen). Dari pekerjaan yang ditekuni oleh responden didominasi oleh karyawan swasta sebanyak 30 persen dan wiraswasta sebanyak 20 persen. Sedangkan berdasarkan status responden dalam keluarga, status terbanyak adalah anak (42,85 persen) dan sisanya adalah responden yang berstatus sebagai kepala rumah tangga dan ibu rumah tangga yang masing-masing sebanyak 28,57 persen…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150477
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A02ana.pdf
  Restricted Access
19.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.