Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149833
Title: Perbandingan Algoritma Berbasis Pohon untuk Analisis Sentimen pada Aplikasi Milik Pemerintah dan BUMN Tahun 2023
Authors: Fitrianto, Anwar
Soleh, Agus Mohamad
Manaf, Silmi Annisa Rizki
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Seiring dengan berkembangnya era digitalisasi, semakin banyak upaya yang dilakukan untuk mempermudah kegiatan masyarakat di berbagai bidang. Saat ini banyak aplikasi yang dibuat untuk mengatasi hal tersebut. Banyak aplikasi yang menunjang agar menjadi lebih efisien dan menguntungkan banyak pihak karena dapat diakses di mana saja. Adanya hal ini mampu mendorong masyarakat dalam menghadapi era digital di masa depan. Beberapa aplikasi pemerintah dan BUMN sebagai lembaga nasional cenderung memiliki penilaian yang rendah dan beberapa belum diketahui masyarakat sehingga perlu adanya evaluasi mengenai sistem dan fitur yang baik agar masyarakat mudah menggunakannya. Analisis yang cocok digunakan dalam hal ini adalah analisis sentimen yaitu analisis yang dapat mengekspresikan opini dari khalayak dalam bentuk ulasan mengenai suatu isu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat pengguna aplikasi pemerintah dan BUMN secara rinci berdasarkan ulasan, membandingkan algoritma klasifikasi pohon berdasarkan performa model dalam kondisi data tertentu, serta membandingkan performa klasifikasi DRF dan algoritma berbasis pohon lainnya berdasarkan tingkat ketepatan performa model. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam analisis sentimen adalah metode klasifikasi dengan pembelajaran mesin (machine learning). Penelitian ini menggunakan empat algoritma klasifikasi, decision tree (DT), extra trees (ET), dan random forest (RF) dibandingkan dengan algoritma terbaru yang merupakan bentuk improvisasi dari RF, double random forest (DRF). Keempat algoritma yang digunakan merupakan algoritma berbasis pohon yang terus berkembang dengan adanya perubahan yang berbeda di setiap algoritma sehingga diharapkan mampu memberikan performa yang baik untuk hasil penelitian. DRF sebagai algoritma baru akan diimplementasikan dalam penelitian analisis sentimen. Data yang digunakan adalah data empiris dan simulasi. Data simulasi berfokus pada kondisi data underfit dan nonunderfit. Hal ini berkaitan dengan algoritma DRF yang mampu meningkatkan performa model ketika data RF mengalami underfit. Data empiris untuk analisis sentimen menggunakan ulasan aplikasi pilihan hasil web crawling dari Google Play. Aplikasi pilihan berasal dari aplikasi milik pemerintah (Info BMKG dan BPOM Mobile) dan aplikasi milik BUMN (MyIndihome dan MyPertamina). Proses kajian simulasi diawali dengan membangkitkan gugus data dari pohon keputusan. Data populasi dibangkitkan sebanyak 300 observasi dengan lima peubah (Y, X1, X2, X3, X4) dan diulang hingga membentuk 100 data underfit dan 100 data nonunderfit. Kondisi data bergantung hasil uji akurasi relatif pemodelan RF. Proses pembentukan data underfit cenderung lebih kompleks dan membutuhkan waktu lebih lama. Keduanya membutuhkan waktu hingga 14838,15 detik. Pemodelan empat algoritma berbasis pohon dengan 10-folds cross validation. Nilai median dari rata-rata akurasi keempat algoritma berbasis pohon data underfit dan nonunderfit cenderung mirip berada pada rentang 0,66 – 0,67 (66 – 67%) dan ditemukannya outlier pada data nonunderfit. Dari keempat algoritma berbasis pohon, DT merupakan algoritma terbaik yang memberikan keragaman data terkecil pada kedua kondisi data dan mampu menggunakan waktu komputasi yang lebih cepat dan sederhana. Kajian data empiris dari ulasan aplikasi telah melalui beberapa tahapan untuk mengubah data teks menjadi bentuk kata, seperti penghapusan data terduplikasi, case folding, text cleans up, text normalizations, stop words removal, dan stemming. Proses pelabelan berdasarkan hasil pelabelan rating, sentiment scoring, lexicon-based, dan validasi yang dikategorikan ke dalam kelas positif, netral, dan negatif dengan peubah prediktor berasal dari hasil tokenisasi unigram dan pembobotan dengan metode term frequency-inverse document frequency. Proses analisis melakukan pemilihan peubah secara manual dan menggunakan information gain. Penarikan data pada Agustus 2023 mengambil ulasan aplikasi berdasarkan ulasan yang paling relevan dan terbaru. Hasil analisis terhadap aplikasi Info BMKG, BPOM Mobile, MyIndihome, dan MyPertamina berada dalam periode waktu September 2018 – Agustus 2023 cenderung ke arah positif karena banyaknya ulasan pada kategori tersebut berdasarkan pelabelan rating dan sentiment scoring. Pemodelan pertama, sebagai perbandingan metode pemilihan peubah. Hasil ratarata akurasi data tanpa pemilihan peubah lebih unggul dibandingkan kedua metode lainnya. Pemodelan kedua sebagai perbandingan kinerja praproses data, hasilnya menunjukkan tahapan praproses lengkap dipilih dengan berbagai pertimbangan dibandingkan dengan tahapan praproses tanpa stop words removal. Pemodelan ketiga untuk membanding kinerja metode pelabelan. Hasilnya menunjukkan bahwa pelabelan validasi memberikan pengaruh yang cukup signifikan karena dapat meningkatkan performa hingga 20%. Pelabelan terbaik lainnya dengan sentiment scoring memperoleh rata-rata akurasi yang lebih unggul. Pemodelan terakhir membandingkan keempat algoritma berbasis pohon. Hasil analisis secara keseluruhan menghasilkan algoritma ET sebagai algoritma terbaik dalam kasus ini dan untuk algoritma RF maupun DRF hasil rata-rata akurasi cenderung hampir mirip. Sehingga untuk analisis sentimen dalam perbandingan antara DRF dengan ketiga algoritma berbasis pohon lainnya menunjukkan bahwa algoritma DRF cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan ET dengan perolehan nilai akurasi yang tidak jauh berbeda. Dengan kata lain algoritma ET merupakan algoritma terbaik dalam kasus ini karena mampu memberikan hasil performa yang baik pada beberapa kondisi dan waktu komputasi yang cepat. Selain hasil perbandingan nilai performa model, dari ulasan aplikasi dapat diperoleh pendapat pengguna aplikasi secara rinci berdasarkan hasil visualisasi awan kata. Pengguna aplikasi banyak memberikan umpan balik positif, netral, dan negatif mengenai aplikasi yang digunakan. Ulasan yang disampaikan oleh pengguna baik pujian, kritik, saran, dan opini lain diharapkan dapat memberikan informasi berharga bagi pengembang aplikasi dan pembuat keputusan bisnis. Adanya kritik dan saran negatif dari pengguna aplikasi dapat dijadikan sebagai perbaikan untuk aplikasi tersebut menjadi lebih baik sebagai bentuk improvisasi sedangkan kritik dan saran positif dapat menjadi motivasi agar aplikasi tetap mempertahankan yang sudah baik dan mengembangkan hal baru untuk kemajuan aplikasi itu sendiri kedepannya.
Along with the development of the digitalization era, more and more efforts are made to facilitate community activities in various fields. Currently, there are so many applications that are made to overcome this. Many applications support it to be more efficient and can be accessed anywhere. The existence of this applications is able to encourage people in facing the digital era in the future. Some applications that owned by the government and state-owned enterprises (BUMN) as national institutions tend to have low ratings and some are not yet known to the public so there is need evaluation of good systems and features so that people can easily use it. A suitable analysis used in this case is sentiment analysis which is an analysis that can express opinions from the audience in the form of reviews on an issue. The outline of this research is to find out the opinions of the applications users in detail based on selected application reviews, compare tree-based classification algorithms based on model performance under certain data conditions, and compare the performance of DRF classification and other tree-based algorithms based on the level of accuracy of model performance. One approach that can be used in sentiment analysis is machine learning classification methods. This research uses four classification algorithms, decision tree (DT), extra tree (ET), and random forest (RF) to be compared to the latest algorithm which is improvised from RF, double random forest (DRF). The four algorithms are tree-based algorithms that continue to evolve with different changes in each algorithm that expected to provide good model performance for the research results. DRF as a new algorithm will be implemented in sentiment analysis research. The data that used in this research are simulated and empirical data. Simulation data focuses on underfit and nonunderfit data conditions. This is related to the DRF algorithm which is able to improve model performance when RF data is underfit. Empirical data for sentiment analysis used reviews from selected applications from web crawling results from Google Play. The selected applications came from the applications that owned by the government (Info BMKG and BPOM Mobile) and by BUMN (MyIndihome and MyPertamina). The simulation study process begins with generating data from the decision tree. The population data was generated as 300 observations with five variables (Y, X1, X2, X3, X4) and repeated to make 100 underfit data and 100 nonunderfit data. The conditions of the data depend on the results of the RF modelling relative accuracy test. The process of generating underfit data tends to be more complex and takes longer, both took up to 14838,15 seconds. Modelling four tree-based algorithms with 10-folds cross validation. The median value of the average of four tree-based algorithms for underfit and nonunderfit data tends to be similar in the range of 0,66 – 0,67 (66 – 67%) and outliers are found in the nonunderfit data. In conclusion, DT is the best algorithm that provides the smallest data diversity in both data conditions and it was able to use simpler and faster in computing time. The study of empirical data from applications reviews has gone through several stages to convert text data into word form, such as duplicated data removal, case folding, text cleaning up, text normalizations, stop words removal, and stemming. The labelling process is based on the labelling of rating, sentiment scoring, lexiconbased, and validation then categorized into positive, neutral, and negative classes with predictor variables derived from the results of unigram tokenization and weighting with the term frequency-inverse document frequency method. The analysis process uses information gain value and manually selects variables. In August 2023, data took by the application reviews based on the most relevant and the newest ones, The results of the analysis of Info BMKG, BPOM Mobile, MyIndihome, and MyPertamina in the time of period September 2018 – August 2023 tend to be positive because of the large number of reviews in that category based on rating labelling and sentiment scoring labelling. The first model as comparison of variable selection methods. The average accuracy of data without variable selection is superior to other two methods. The second model as a comparison of data preprocessing performance, the results show that the full preprocessing stage is selected with various considerations compared to the preprocessing stage without stop words removal. The third model is to compare the performance of labelling methods. The results show that validation labelling has a significant effect because it can improve performance by up to 20%. The best labelling with sentiment scoring obtained a good average accuracy. The last model compares four tree-based algorithms. So overall for sentiment analysis in the comparison between DRF and the other three tree-based algorithms, it shows that the DRF algorithm tends to take longer than ET with the acquisitions of accuracy values that are not much different. In the other words, the ET algorithm is the best algorithm in this case because it is able to provide good performance results in several conditions with fast computing time. In addition to the results of the comparison of model performance values from the application reviews, the opinions of application users can be obtained in detail based on the results of word cloud visualization. Many applications users provide positive, neutral, and negative feedback about the application used. Reviews submitted by users both criticism, suggestions, and opinions are expected to provide valuable information for application developers and business decision makers. The existence of negative criticism and suggestions from application users can be used as an improvement for the application to be better as a form of improvisation while positive criticism and suggestions can be a motivation for the application to maintain what is already good and develop new things for the future progress of the application itself.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149833
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G1501222069_SILMI ANNISA RM_COVER.pdf
  Restricted Access
Cover476.33 kBAdobe PDFView/Open
G1501222069_SILMI ANNISA RM_FULLTEXT.pdf
  Restricted Access
Fulltext5.85 MBAdobe PDFView/Open
G1501222069_SILMI ANNISA RM_LAMPIRAN.pdf
  Restricted Access
Lampiran796.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.