Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149552
Title: Keuntungan dan pengembangan usaha Pet shop : Kasus pada Piet Pet Shop di Bogor, Bogor, Jawa Barat
Authors: Firdaus, Muhammad
Hanim, Ade Fatmah
Issue Date: 2009
Publisher: IPB University
Abstract: Perdagangan termasuk bagian dari sistem agribisnis baik agribsinis pangan maupun agribisnis non pangan. Perdagangan memiliki kedudukan yang penting dalam sistem agribisnis, yaitu sebagai sub sistam agribisnis hilir yang berperan dalam panasaran/penyaluran produk-produk yang dihasilkan Salah satu contoh sektor perdagangan yang cukup prospektif di Kota Bogor adalah bisnis pet shop yang merupakan salah satu jenis perdagangan eceran yang memasarkan produk- produk agribinis non pangan kebutuhan hewan kesayangan. Hal ini terbukti oleh perkembangan bisnis pet shop di Kota Bogor cukup baik, yakni dalam kurum waktu enam tahun terlihat bahwa bisnis pet shop mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, ini mengindikasikan bahwa adanya fenomena peningkatan minat masyarakat dalam memelihara hewan kesayangan (Tabel 1). Perusahaan perorangan Piet pet shop adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis pet shop yang ada di Kota Bogor, tepatnya berlokasi di Jalan Cikuray 46, Piet pet shop sudah berdiri sejak tahun 2004. Selama kurang lebih empat tahun menjalankan bisnisnya, Piet pet shop sudah melakukan pengembangan dengan membuka cabang pet shop di Kabupaten Bogor tepatnya di Sentul City yang berlokasi di Plaza Amsterdam, pada bulan April 2008. Perbedaan lokasi usaha tentu akan menimbulkan perbedaan dalam struktur biaya, keuntungan, rasio profitabilitas dan rentabilitas yang diperoleh. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah (1) membandingkan keuntungan bisnis pada Piet pet shop yang berlokasi di Jalan Cikuray dengan Piet pet shop di Sentul City, (2) menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis pet shop pada perusahaan perorangan Piet pet shop, (3) merumuskan strategi pengembangan bisnis pet shop yang dapat diterapkan oleh perusahaan perorangan Piet pet shop. Penelitian ini dilaksanakan pada dua lokasi yang berbeda yakni pada Piet pet shop di Jalan Cikuray yang berada di pusat Kota Bogor dan pada Piet pet shop di plaza Amsterdam yang berada pada Kabupaten Bogor tepatnya di Sentul City. Waktu penelitian ini dilakukan selama bulan Juli sampai Oktober 2009. Responden pada penelitian ini terdiri dari pihak internal perusahaan (manajer, pimpinan), dan pihak eksternal perusahaan (distributor, pesaing utama, dan konsumen/pelanggan). Jenis data dan sumber data pada penelitian ini terdiri dari dat primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung baik dengan pimpinan, manajer perusahaan, distributor, pesaing perusahaan, dan juga pelanggan Piet pet shop. Data sekunder diperoleh dari hasil studi literatur seperti internet, Badan Pusat Statistik Bogor, Dinas Perdagangan PEMDA Kabupaten Bogor, Dinas Peternakan PEMDA Kabupaten Bogor, Dinas- KESWAN PEMDA Kabupaten Bogor, dan Yellow pages Kota Bogor tahun 2008- 2009, yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini….dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149552
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H09afh.pdf
  Restricted Access
4.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.