Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149462
Title: Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Kosmetika Alami Merk Oriflame (Studi Kasus: Kampus IPB Baranangsiang, Bogor Tengah)
Authors: Dewi, Febriantina
Rahmawati, Siti
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Beberapa tahun terakhir ini masyarakat mulai menyadari kembali bahwa tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk kesehatan sehingga mulai banyak dikembangkan obat-obatan herbal dan juga berbagai produk kosmetika yang berasal dari tumbuhan. Kosmetika secara umum berasal dari bahan kimia maupun alami yang di proses sehingga bermanfaat untuk merawat dan mempercantik tubuh. Maraknya isu back to nature dan green cosmetics membuat para pelaku di industri kosmetik lebih kreatif dalam membuat produk kosmetika alami yang ramah lingkungan. Salah satu produsen yang menawarkan kosmetika dari bahan- bahan alami seperti ekstrak buah dan tumbuhan ialah Oriflame di bawah naungan PT. Orindo Alam Ayu. Produk kosmetika Oriflame ini di khususkan pada produk skin care (perawatan kulit) yang dikeluarkan oleh Oriflame. pemilihan produk skin care ini dikarenakan produk ini merupakan produk yang paling banyak di tawarkan oleh Oriflame dan pemakaiannya yang terus menerus. Produk kosmetika Oriflame merupakan produk kosmetika yang terbuat dari ekstrak bahan alami seperti buah- buahan, dan tumbuhan. Penelitian dilakukan di Bogor Tengah khususnya kampus IPB Baranangsiang. Lokasi dipilih karena merupakan salah satu lokasi yang mengalami peningkatan penjualan produk kosmetika Oriflame. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi karakteristik konsumen pada kosmetika alami merk Oriflame, 2) menganalisis kepuasan dan loyalitas konsumen pada kosmetika alami merk Oriflame, dan 3) mengidentifikasi faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen pada kosmetika alami merk Oriflame. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis deskriptif, analisis Structural Equation Model (SEM) dan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI) dengan jumlah responden sebanyak 100 responden dan menggunakan bauran pemasaran (4P) dengan 13 variabel. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan karakteristik konsumen yang terdiri dari usia, jenis kelamin, status pernikahan, pendidikan terakhir, pekerjaan dan pendapatan rata- rata per bulan. Analisis SEM digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen dan analisis CSI digunakan untuk melihat tingkat kepuasan konsumen secara keseluruhan Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar pengguna produk kosmetika skincare Oriflame adalah mahasiswa dengan pendidikan terakhir D3 dengan rentan usia 21 hingga 26 tahun belum menikah dan rata-rata pendapatan perbulan lebih dari dua juta rupiah. Dari 13 variabel indikator yang dimasukkan dalam penelitian secara keseluruhan rentang skala kepuasan konsumen berada pada skala cukup puas terhadap produk kosmetika Oriflameā€¦dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149462
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H12sra.pdf
  Restricted Access
756.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.