Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149006
Title: Analisis pemasaran kopi bubuk di PT ANM
Authors: Limbong, Wilson H.
Sugiarto, Deborah Debyanti
Issue Date: 1995
Publisher: IPB University
Abstract: Salah satu kebijakan pemerintah sehubungan dengan usaha meningkatkan perekonomian negara adalah dengan mengembangkan industri di bidang pertanian (agroindustri). Kopi merupakan salah satu komoditi pertanian yang menjadi andalan Indonesia, dimana sampai saat ini komoditi kopi memberi sumbangan yang cukup besar bagi perolehan devisa negara, yaitu menjadi ekspor non migas ke-tiga setelah karet dan kayu. Kopi bubuk dan kopi bubuk instan merupakan jenis kopi olahan yang paling banyak diproduksi di Indonesia. Persaingan dalam industri kopi bubuk di Indonesia saat ini semakin tajam, terutama di antara produk-produk kopi bubuk ber-merek. Selain itu, perusahaan yang berada dalam industri juga harus menghadapi lingkungan yang terus berubah. Oleh karena itu, untuk dapat merencanakan dan menetapkan strategi pemasaran yang tepat guna mengantisipasi kondisi lingkungan, terlebih dahulu perusahaan harus menganalisis kegiatan pemasaran yang telah berjalan secara keseluruhan, sehingga perusahaan dapat mengevaluasi prestasi kerja yang telah dicapai serta kondisi lingkungan yang dihadapi. Sehubungan dengan kondisi di atas, beberapa hal yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis keragaan pemasaran PT ANM secara umum, (2) menganalisis strategi pemasaran yang telah diterapkan PT ANM, dan (3) menganalisis kondisi lingkungan dan pengaruhnya terhadap PT ANM. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan metode wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan manajemen perusahaan serta informasi dari instansi-instansi terkait. Analisis pemasaran dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan pendekatan Sistem Pemasaran Total, yang meliputi analisis terhadap keragaan pemasaran perusahaan, strategi pemasaran dan lingkungan perusahaan. Strategi pemasaran dianalisis dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, distribusi dan promosi, sedangkan analisis lingkungan dibatasi pada lingkungan eksternal perusahaan berdasarkan model analisis lingkungan industri Porter. PT ANM menerapkan konsep pemasaran sasaran dan menggunakan pola peliputan pasar spesialisasi selektif untuk memasarkan ketiga merek kopi bubuk yang diproduksi, yaitu TL, JV dan CF. Merek TL dan JV memiliki target konsumen masyarakat kelas sosial ekonomi menengah ke bawah, namun keduanya dipasarkan di daerah yang berbeda. Konsumen sasaran merek CF adalah masyarakat kelas ekonomi bawah dan dipasarkan di beberapa daerah yang sama dengan JV…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149006
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A95DDS.pdf
  Restricted Access
26.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.