Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/148217
Title: Analisis posisi persaingan dan strategi pemasaran produk daun pintu diPT. (Persero) Inhutani I, Jakarta
Authors: Tjakrawiralaksana, Abas
Daryanto, Arief
Srihanoki, Widi A.
Issue Date: 1994
Publisher: IPB University
Abstract: Praktek lapangan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran umum pemasaran daun pintu PT. Inhutani I, mempe- lajari strategi pemasaran produk daun pintu yang telah diterapkan, mengetahui peluang dan ancaman serta posisi persaingan PT Inhutani I dalam pemasaran produk daun pintu dan mencoba mengembangkan kinerja strategi pemasaran daun pintu. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dan diolah dengan menggunakan komputer, hasilnya disajikan dalam bentuk tabulasi dan diuraikan secara kualitatif berdasarkan analisis dalam kerangka teoritis. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan konsep manajemen strategis dan konsep pemasaran dengan memperhitungkan perubahan lingkungan internal dan lingku- ngan eksternal. Analisis lingkungan internal bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan. Anali- sis lingkungan eksternal bertujuan untuk mengetahui daya tarik industri. Sehingga akan diketahui posisi persaingan perusahaan di dalam industri daun pintu. PT. Inhutani I merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang mempunyai misi sebagai penghasil laba (profit yang menjadi kekuatan bagi perusahaan antara lain adalah strategi produk, yaitu perusahaan telah melakukan diversi- fikasi produk, sehingga type produk daun pintu yang dapat diproduksi lebih beragam, semakin meningkatnya pemasaran daun pintu untuk lokal dan ekspor, citra produk identik dengan kualitas yang baik. Strategi harga dengan adanya. kebijaksanaan penetapan harga dan cara pembayaran, harga jual lokal yang tinggi mencerminkan mutu produk yang baik. Faktor-faktor internal yang menjadi kelemahan bagi pemasaran produk daun pintu antara lain adalah kapasitas pabrik dan mesin yang terbatas, dan ketersediaan bahan pembantu yang sesuai masih sulit, dan melaksanakan sistem job order sehingga tingkat kesulitan proses produksi menjadi amat beragam. Untuk strategi bauran pemasaran, faktor-faktor yang menjadi kelemahan perusahaan antara lain pangsa pasar ekspor yang masih sangat kecil, sistem pemasaran yang berdasarkan pesanan menyebabkan penjualan sangat tergantung pada pesanan yang ada. Untuk strategi distribusi, PT. Inhutani I masih tergantung pada para agen penjualan, dan kegiatan promosi yang masih kurang…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/148217
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A94WAS.pdf
  Restricted Access
5.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.