Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/147868
Title: Analisa Pemasaran Dan Aplikasi Model Rantai Makov Guna Perencanaan Strategi Pemasaran
Authors: Marimin
Irawadi
Sukapti, Eko
Issue Date: 1986
Publisher: IPB University
Abstract: Sasaran utama yang dicanangkan dalam Pola Umum Pembangunan Jangka Panjang (GBHN) adalah keseimbangan antara bidang pertanian dan industri. Keseimbangan tersebut dimaksudkan sebagai industri yang kokoh dan kuat yang didukung oleh pertanian yang tangguh. Salah satu upaya untuk menuju sasaran tersebut dapat dilakukan dengan pembinaan dan pengembangan industri di sektor pertanian (agroindustri). Dalam hal ini, pola pengembangan agroindustri diarahkan pada permasalahan yang pokok, termasuk bidang manajerial. Bidang pemasaran merupakan salah satu bidang manajerial yang sangat penting dalam suatu industri. Keberhasilan pemasaran ditentukan oleh faktor internal perusahaan seper ti mutu produk dan strategi yang diterapkan, serta faktor eksternal perusahaan seperti kondisi persaingan dan keinginan konsumen. Analisa terhadap kondisi persaingan dan kebutuhan serta keinginan konsumen dengan model Rantai Markov dan non parametrik, dapat menggambarkan strategi pemasaran yang harus diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mempelajari faktor dan parameter yang berpengaruh terhadap proses pemasaran produk agroindustri, (2) menentukan dan menganalisa saham pasar (market share) yang dimiliki suatu produk agroindustri dan produk se jenisnya, (3) mengaplikasikan model Rantai Markov untuk menduga matriks peluang transisi dan saham pasar produk ban di masa yang akan datang dan (4) meng aplikasikan teknik statistik non parametrik untuk mengidentifikasi parameter mutu yang berpengaruh terhadap keputusan pemilihan produk ban oleh konsumen. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/147868
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F86esu4.pdf
  Restricted Access
3.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.