Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/147755
Title: Model sistem ahli untuk strategi periklanan produk baru shampoo di DKI Jakarta
Authors: Irawadi
Denni, Alex
Issue Date: 1990
Publisher: IPB University
Abstract: Shampoo merupakan salah satu produk yang membutuhkan bauran promosi dalam membantu program pemasarannya. Bauran promosi yang paling banyak digunakan oleh produsen shampoo saat ini adalah periklanan. Dapat dikatakan bahwa para produsen shampoo terlibat dalam suatu perang iklan untuk meraih pangsa pasar yang ditargetkannya. Dua hal yang penting dan berpengaruh dalam strategi periklanan adalah pesan dan nada penyampaian pesan. tersebut lewat media iklan. Pesan yang efektif dengan nada yang sesuai dengan perilaku konsumen di pasar sasaran akan berpengaruh positif terhadap laju penjualan produk. Sebaliknya pesan iklan yang tidak efektif hanya akan memboroskan waktu dan biaya produksi tanpa memberikan pengaruh yang berarti terhadap laju penjualan produk. Menentukan atribut apa yang akan ditonjolkan sebagai pesan di dalam sebuah iklan dan bagaimana nada penyampaian pesan tersebut agar iklan dapat tanggapan yang positif dari target market merupakan pekerjaan yang rumit dan membutuhkan. keahlian tertentu. Sistem ahli merupakan salah satu alternatif potensial dalam mengatasi permasalahan yang pelik (ill-structure) seperti permasalahan di atas, yang sering membutuhkan intuisi dan pengalaman dalam pemecahannya. Model IKLAN90 merupakan hasil rekayasa dari sebuah sistem ahli berbasis pengetahuan. Model ini dapat digunakan untuk membantu seorang perancang iklan shampoo menemukan atribut yang akan ditonjolkan beserta nada penyampaiannya dalam sebuah iklan. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/147755
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F90ade.pdf
  Restricted Access
13.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.