Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/147625
Title: Faktor-faktor yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Buah-buahan Segar di Giant Taman Yasmin
Authors: Kusnadi, Nunung
Lubis, Sella Kristy R
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Produksi buah-buahan nasional masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan kebutuhan konsumsi masyarakat di Indonesia. Akibatnya, buah-buahan impor lebih mendominasi pasar-pasar swalayan. Hampir 70-80 persen buah impor dijual di kota-kota besar bahkan 20-30 persen buah impor juga dijual sampai ke pedesaan yang menjadikan buah lokal menjadi kurang dilirik oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena harga buah impor yang lebih murah, persediaan buah impor yang ada di sepanjang musim serta penampilannya yang menarik. Kecenderungan masyarakat yang lebih memilih berbelanja di ritel modern daripada pasar tradisional menjadikan berbagai jenis ritel modern berkembang tidak hanya di kota-kota besar bahkan di kota-kota kecil. Giant merupakan salah satu ritel modern yang menyediakan kebutuhan pangan sehari-hari termasuk buah segar. Buah segar yang ditawarkan di Giant mencakup buah segar impor dan buah segar lokal. Harga yang ditawarkan pun beragam, ada yang murah dan ada juga yang mahal, tergantung pada jenis buah yang akan dibeli. Selain itu ketersediaan buah-buahan segar di Giant yang banyak dan beragam menyebabkan konsumen tertarik untuk membeli buah-buahan. Oleh karena itu perlu menganalisis perilaku konsumen yang membeli buah-buahan segar di Giant Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik konsumen buah-buahan di Giant, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi konsumen dalam berbelanja di Giant, dan menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli buah-buahan segar di Giant. Penelitian dilakukan di salah satu ritel modem di Bogor yaitu Giant Taman Yasmin. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulai Mei 2011 sampai dengan Juni 2011. Jumlah responden yang diwawancarai sebanyak 100 orang dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik konsumen dan faktor-faktor yang memengaruhi konsumen untuk berbelanja di Giant dan analisis faktor untuk menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pembelian buah impor dan buah lokal. Karakteristik konsumen yang diwawancarai umumnya adalah wanita, status sudah menikah, memiliki anggota keluarga 4-6 orang dan berusia 25-35 tahun. Sebagian besar responden di Giant memiliki tingkat pendidikan yang tinggi yaitu sarjana dan bekerja sebagai pegawai swasta serta pendapatan responden berkisar antara Rp 1.000.000,00-Rp 2.500.000,00. Pengeluaran responden dalam pembelian buah-buahan segar tidak dipengaruhi oleh jumlah pendapatan. Hal ini disebabkan karena pengeluaran responden yang memiliki penghasilan yang rendah dan penghasilan yang tinggi masih tergolong rendah juga yaitu kurang sama dengan Rp 100.000,00. Sikap responden yang berbelanja di Giant berbeda dibandingkan dengan pasar tradisional dikarenakan mereka membutuhkan suasana yang nyaman ketika berbelanja dan dalam pembelian buah-buahan mereka lebih menyukai buah impor karena ketersediaan buah impor yang lebih banyak dan beragam sehingga ketika buah-buahan segar yang diinginkan tidak,..dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/147625
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H12skr.pdf
  Restricted Access
404.39 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.