Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/146765
Title: Analisis penerapan strategi bauran pemasaraan bunga potong jenis krisan oleh produsen bunga : Pada PT Alam Indah Bunga Nusantara, Cianjur - Jabar dan PT. Elda Usaha Flora, Tebet-Jakarta
Authors: Krisnamurthi, Y.Bayu
Wahyuningsih, Andres Mikhelia Yudi Irnawati
Issue Date: 1999
Publisher: IPB University
Abstract: Pembangunan pertanian diarahkan untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani, memperluas lapangan kerja, serta mengisi dan memperluas pasar baik dalam negeri maupun luar negeri melalui melalui pertanian yang maju, efisien dan tangguh. Pada tahap tinggal landas, sektor industri dan jasa benar-benar akan menjadi penggerak pembangunan yang akan memberikan kesempatan kerja dalam jumlah dan tingkat insentif yang lebih baik dan sekaligus berperan menarik sektor pertanian untuk meningkatkan produksi dan produktifitasnya. Sejalan dengan itu, komoditi yang memiliki nilai ekonomi tinggi akan semakin mendapat prioritas. Untuk menjawab tantangan tersebut, florikultura merupakan salah satu alternatif yang sangat potensial. Dewasa ini di satu sisi, permintaan bunga potong dalam negeri terus mengalami peningkatan. Di sisi lain pasar bunga potong saat ini mulai berubah. Dahulu pasar berada pada kekuasaan penjual, namun saat ini orientasi produk tidak dapat dipertahankan lagi. Masalah lain yang dihadapi oleh sebagian besar pengusaha bunga potong saat ini berkaitan dengan strategi pemasaran yang belum diterapkan secara sempurna. Analisis Strategi Pemasaran diawali dengan analisis preferensi florist melaui penilaian terhadap strategi bauran pemasaran perusahaan. Di lain pihak, penelitian juga dilakukan pada perusahaan guna mengetahui strategi bauran pemasarannya. Dari hasil survei florist serta informasi dari perusahaan, dilakukan suatu analisis kesesuaian. Selanjutnya dilakukan analisis implikasi yang menghasilkan alternatif strategi pemasaran baru. Secara garis besar hasil penelitian mengenai preferensi konsumen, segi-segi yang telah mendapat penilaian yang baik dari para florist adalah merek produk produsen, mutu (kualitas) produk yang dihasilkan produsen, kemasan yang digunakan oleh produsen, tingkat pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, kemudahan produk untuk didapat serta penjualan perorangan yang dilakukan oleh tenaga penjual perusahaan berupa kelengkapan informasi melalui telepon dan pengiriman brosur. Segi tingkat harga jika dibandingkan dengan mutu produk yang dihasilkan produsen bunga, mendapat penilaian yang memuaskan dari florist. Sedangkan segi- segi yang masih harus menjadi perhatian bagi produsen adalah segi potongan harga, karena mendapat penilaian yang kurang memuaskan dari konsumen florist. Selain itu juga segi-segi yang masih mendapatkan penilaian yang kurang baik dari konsumen yaitu ketersediaan produk, iklan berupa penayangannya, promosi penjualan berupa pemberian bonus dan sampel produk serta publisitas (humas) berupa acara sponsoring yang dilakukan produsen selama ini…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/146765
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A99AMY.pdf
  Restricted Access
24.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.