Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/146760
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWagiono, Yayah K.-
dc.contributor.authorSoemarsono, Mahatva-
dc.date.accessioned2024-04-23T00:48:02Z-
dc.date.available2024-04-23T00:48:02Z-
dc.date.issued1997-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/146760-
dc.description.abstractJahe adalah salah satu komoditas pertanian yang potensial untuk dikembangkan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Nilai komoditi ini terletak pada akar tongkatnya yang disebut rimpang. Volume ekspor, nilai ekspor dan harga jahe di pasar dalam negeri mengalami peningkatan pada tahun belakangan ini. Selain diusahakan secara intensif, jahe juga dapat dijadikan alternatif komoditi usaha sampingan bagi petani karena nilai jahe yang tinggi, sudah banyak dikenal masyarakat dan relatif mudah pengusahaannya. Namun untuk mendapatkan produksi yang optimal jahe memerlukan penanganan yang benar sehingga dapat memberikan tambahan pendapatan yang tinggi. Pemasaran juga berperan dalam pengembangan komoditi jahe karena bila harga yang diterima petani baik maka akan menjadi suatu insentif bagi petani untuk mengembangkan jahe. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pendapatan usahatani jahe di Desa Cilangkap Kec. Lengkong kab. Sukabumi, dan (2) menganalisis efisiensi pemasaran jahe dilihat dari saluran pemasaran, marjin pemasaran dan struktur pasar. Penelitian dilaksanakan bulan Januari-Pebruari 1997. Kecamatan Lengkong dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Lengkong memiliki laju perkembangan areal jahe terbesar di Sukabumi, dan Desa Cilangkap memiliki luas areal penanaman jahe terbesar di Kecamatan Lengkong (Disbun Sukabumi, 1996). Data yang digunakan berupa data primer (wawancara dan pengamatan langsung di lapangan) dan data sekunder yang diperoleh dari BPS, Kantor Statistik Sukabumi, Ditjen Perkebunan, Disbun Wilayah Sukabumi, dan Pemda Sukabumi. Analisis yang digunakan adalah analisis Return Cost Ratio (R/C), analisis efisiensi pemasaran (marjin pemasaran dan farmer's share) serta analisis sensitivitas. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui keragaan usahatani dan sistem pemasaran yang ada. Jarak lokasi penelitian ke Jakarta (konsumen) relatif dekat sehingga memberi peluang untuk pengembangan jahe di daerah ini. Keadaan tanah, ketinggian lokasi dan iklim juga sesuai dengan persyaratan penanaman jahe yang baik…dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural economicid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.titleAnalisis pendapatan dan pemasaran komoditi jahe (Zingiber Officinale) sebagai usaha sampingan : kasus di Desa Cilangkap Kec. Lengkong Kabupaten Sukabumiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A97mso.pdf
  Restricted Access
16.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.