Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/146626
Title: Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk biskuit wafer dan minuman serbuk instant beraroma buah serta penilaian terhadap merek dan atribut produk yang ideal : Studi kasus pada mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, IPB
Authors: Suryana, Rita Nurmalina
Dewi, Pramesthi
Issue Date: 1999
Publisher: IPB University
Abstract: Industri makanan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan karena lebih dari 50 persen pengeluaran rata-rata per kapita per bulan rumah tangga digunakan untuk mengkonsumsi makanan. Industri makanan dan minuman ringan mengalami perkembangan pesat karena keinginan konsumen akan hal-hal yang bersifat praktis dan siap pakai. Salah satu industri makanan ringan yang berkembang pesat adalah industri biskuit wafer dan pada industri minuman ringan ditunjukkan dengan adanya jenis minuman serbuk instant beraroma buah. Perkembangan kedua industri ini ditunjukkan dengan munculnya berbagai macam jenis, rasa, merek dan kemasan. Persaingan yang ketat dalam kedua industri tersebut menuntut perusahaan untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap produk-produknya. Penelitian dilaksanakan di Kampus IPB Baranangsiang dan sekitarnya karena mahasiswanya berasal dari berbagai daerah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei Juni 1999. Penelitian mengenai proses keputusan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian dilakukan terhadap kelompok biskuit wafer dan minuman serbuk instant beraroma buah secara umum. Penelitian mengenai merek dan atribut produk yang ideal dilakukan terhadap tiga merek biskuit wafer dan tiga merek minuman serbuk instant beraroma buah yang telah ditentukan. Responden adalah mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian IPB. Penarikan sampel dilakukan dengan cara stratifikasi berdasarkan tingkat, dimana responden dibagi ke dalam empat tingkat dan masing-masing tingkat diambil sebanyak 20 responden untuk masing-masing produk. Data yang digunakan adalah data primer berupa tes uji coba dan kuesioner serta data sekunder. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif berupa Analisis Komponen Utama dan Analisis Model Sikap Multiatribut-Angka Ideal. Proses keputusan pembelian biskuit wafer oleh konsumen dimulai ketika mereka merasakan dan mengenali kebutuhan akan produk tersebut. Konsumen biskuit wafer membeli produk tersebut dengan tujuan untuk camilan pada waktu santai. dengan motivasi utama adanya keinginan untuk mencoba dan rasa yang khas. Konsumen membeli minuman serbuk instant beraroma buah dengan motivasi utama adalah keinginan untuk mencoba dan bertujuan untuk menjaga kesehatan, tetapi saat ini masih ada merek minuman serbuk instant beraroma buah yang tidak mencantumkan kandungan gizi minumannya pada label kemasan. Sumber informasi utama dan media yang paling mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian biskuit wafer maupun minuman serbuk instant beraroma buah adalah televisi. Tayangan iklan kedua produk ini di televisi sudah cukup menarik, tetapi masih ada beberapa merek yang sempat muncul dan kemudian menghilang sehingga ada merek yang berkesan terlalu memonopoli…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/146626
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A99PDE.pdf
  Restricted Access
30.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.