Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/146404
Title: Konformasi kaki dan kuku delman di Kota Bogor
Authors: Soehartono, R. Harry
Widyananta, Budhy Jasa
Sukma, Nanda Aditya
Issue Date: 2009
Publisher: IPB University
Abstract: Konformasi kaki dan kuku memiliki pengaruh yang kuat terhadap pergerakan kuda. Abnormalitas konformasi kaki dan kuku merupakan predisposisi terjadinya kepincangan. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui konformasi kaki dan kuku kuda delman di kota Bogor. Studi kasus ini juga menjelaskan teknik perbaikan dan perawatan pada konformasi abnormal kaki dan kuku kuda delman dan memberikan teknik pencegahan pada kuda yang normal. Empat belas ekor kuda diamati pada kaki depan (anterior view dan lateral view), kaki belakang (posterior view dan lateral view), dan kuku (anterior view, lateral view dan ventral view). Kelainan konformasi yang ditemukan pada kaki depan yaitu: (anterior view) 36% base narrow-toe out, 21% base narrow, 21% base wide-toe out, 15% knock knee, 7% base wide); (lateral view) 64% standing under in front, 21% normal dan 15% buck knee. Kelainan konformasi yang ditemukan pada kaki. belakang yaitu: (posterior view) 64% base narrow, 29% cow hock, dan7% base wide; (lateral view) 64% sickle hock, 29% standing under behind dan 7% normal. Pengamatan konformasi kuku ditemukan 11 jenis konformasi abnormal yaitu fever rings, contracted foot, dubbed foot, under run heel, dropped sole, brittle foot, flat foot, flared foot, bull nosed foot, club foot, dan hoof cleft. Secara umum seluruh konformasi kaki dan kuku kuda delman mengalami kelainan yang disebabkan oleh genetik, lingkungan dan manajemen perawatan yang kurang baik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/146404
Appears in Collections:UT - Anatomy, Phisiology and Pharmacology

Files in This Item:
File SizeFormat 
B09nas.pdf
  Restricted Access
14.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.