Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/145580
Title: Analisis struktur jalan layang Antasari dengan mengacu kepada peraturan gempa 2010
Authors: Sapei, Asep
Fauzan, Muhammad
Atnam, Rebri
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Perkembangan dunia konstruksi yang sedemikian pesatnya menyebabkan disiplin ilmu yang bergerak dibidang rekayasa enginer juga berkembang dengan cepat. Sedemikian cepatnya perkembangan dunia konstruksi dapat dilihat di berbagai struktur bangunan yang telah didirikan diduma memiliki struktur yang membutuhkan perhitungan dan analisa yang teliti. Dalam perkembangannya, standar yang ada untuk tata cara perencanaan ketahanan gempa bagi struktur bangunan gedung saat ini perlu diperbaharui dan dikembangkan ilmu pengetahuan teknik sipil hingga standar yang baru akan tetap akurat dalam penggunaannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan pada melakukan analisis dan tingkah laku struktur jembatan fly over Antasari terhadap ketahanan gempa berdasarkan Peta Gempa Indonesia 2010, dengan cara membandingkan gaya gaya dalam pada saat ultimit dengan gaya gaya dalam nominal pada tulangan yang terpasang pada struktur. PB Jalan layang Antasari ini dimodelkan secara tiga dimensi dengan menggunakan program CSI BRIDGE, lalu dilakukan analisis pembebanan. Analisis pembebanan ini dilakukan dengan menggunakan beban sendiri, beban mati tambahan, beban prategang, beban lajur, beban truk, beban rem, beban angin, beban temperatur, dan beban gempa. Untuk pendefinisian pembebanan pada permodelan jembatan ada tiga jenis yaitu point load, line load dan area load. Point load merupakan pendefinisian beban pada software yang disalurkan kedalam jembatan dalam bentuk po Tiap point ini menanggung beban sebesar yang sudah direncanakan. Yang termasuk dalam bebän point disini meliputi beban listrik. Line load merupakan pendefinisian beban pada software yang disalurkan kedalam jembatan dalam bentuk garis. Tiap garis ini mempunyai beban sebesar yang sudah direncanakan. Yang termasuk beban garis disini yaitu beban parapet, beban angin. bentuk area. Yang termasuk dalam beban area ini yatu beban lajur, beban mati tambahan dan gaya rem. Analisis beban gempa dilakukan secara dinamik. Analisis secara dinamik menggunakan analisis gempa respon spectrum. Pembuatan spectrum gempa menggunakan Peta Gempa Indonesia 2010 periode ulang 2475 tahun. Zona wilayah gempa yang dimodelkan adalah zonasi wilayah gempa berat di Jakarta. Kota Jakarta mempunyai parameter percepatan respon spectra pada periode pendek atau Ss sebesar 0.6 dan parameter percepatan respons spectra pada periode 1 detik atau S1 sebesar 0.25. Untuk mendapatkan nilai parameter percepatan tersebut digunakan software CSI BRIDGE. Semua beban ini nantinya dikombinasi sesuai dengan peraturan pembebanan jembatan. Hasil running dari permodelan struktur oleh program CSI BRIDGE yang berupa momen, gaya geser dan gaya aksial. Area load merupakan pendefinisian beban pada software yang disalurkan kedalam jembatan dalam Pada penelitian ini dilakukan analisa struktur utama jembatan terdiri dari box girder dan piel yaitu analisa momen, analisa gaya geser, analisa gaya aksial dan analisa lendutan. Hasil analisa ini dilakukan otomatis oleh program CSI BRIDGE. Hasil analisa tersebut dicari nilai yang maksimum karena nilai maksimum merupakan nilai pada saat ultimit. Setelah dilakukan analisis maka dilakukan kontrol kekuatan dan kestabilan ini sesuai dengan peraturan perencanaan struktur beten unutk jembatan (RSNI T-12-2004 yaitu membandingkan nilai gaya dalam hasil output dari program CSI BRIDGE. Sedangkan gaya nominal didapat dari perhitungan tulangan yang sudah..dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/145580
Appears in Collections:UT - Civil and Environmental Engineering

Files in This Item:
File SizeFormat 
F12rat.pdf
  Restricted Access
25.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.