Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/145555
Title: Perilaku konsumen rumah tangga dalam memilih daging sapi di Perumahan Bumi Indraprasta Bogor
Authors: Siregar, Emir Alkisah
Supriatna, Nana
Pramono, Aryo
Issue Date: 2001
Publisher: IPB University
Abstract: Daging adalah salah satu hasil ternak yang hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Selain penganekaragaman sumber pangan, daging dapat menimbulkan kepuasan atau kenikmatan bagi yang memakannya. Daging dapat diolah dengan cara dimasak, digoreng, disate, dipanggang, diasap, atau diolah menjadi produk yang menarik, antara lain daging korned, sosis, dendeng dan abon. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapang mengenai perilaku konsumen dalam memilih daging sapi. Penelitian ini mengambil populasi di perumahan Bumi Indra Prasta Bogor. Target penelitian ini adalah konsumen rumah tangga yang dalam hal ini adalah ibu rumah tangga yang diduga memegang peranan penting sebagai penentu kebijaksanaan dalam menentukan pola konsumsi dalam suatu rumah tangga. Dari populasi diambil sampel yang mewakili sebanyak 100 kepala keluarga, yaitu 10% dari total populasi (1002 KK). Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara langsung atau dari jawaban yang diberikan responden melalui pertanyaan yang terdapat dalam kuisioner. Disamping itu diperlukan data sekunder yang diambil dari buku-buku atau bahan tulisan lainnya. Rancangan analisis data dibagi menjadi dua yang pertama adalah analisis data deskriptif. Dalam analisis ini menggambarkan perilaku konsumen dalam memilih bentuk daging, memilih bagian daging, cara memilih daging, dan lokasi pembelian daging. Sedangkan yang kedua adalah analisis data asosiatif yaitu dengan menggunakan analisis data khi-kuadrat (chi-square). Analisis ini adalah mencari hubungan (kebebasan) antara karakteristik konsumen yang terdiri dari tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan dengan sikap konsumen terhadap pilihan bentuk daging, pilihan bagian daging, cara memilih daging, dan lokasi pembelian daging. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa sebagian besar konsumen rumah tangga menyukai atau sangat menyukai daging sapi dengan alasan akan memperoleh nilai gizi yang lebih tinggi dari konsumsi daging yaitu sebesar 33,00% dari total responden. Bentuk daging sapi yang banyak diminati oleh konsumen adalah bentuk daging segar yaitu sebanyak 92,00% dari total responden. Dengan alasan pertama karena kualitasnya terjamin, kedua bahwa daging segar lebih menyerap bumbu sehingga rasanya lebih enak, ketiga karena daging sapi dalam bentuk segar mudah cara mendapatkannya dan yang terakhir dengan alasan bahwa daging segar mudah untuk diolah sesuai dengan selera konsumen. Bagian atau potongan daging sapi yang banyak diminati oleh konsumen adalah bagian daging has yaitu sebanyak 45% dari total responden. Alasan yang..dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/145555
Appears in Collections:UT - Veterinary Clinic Reproduction and Pathology

Files in This Item:
File SizeFormat 
B01apr.pdf
  Restricted Access
10.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.