Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/145229
Title: Analisis strategi pengembangan bisnis produk susu olahan pada PT Fajar Taurus, Jakarta
Authors: Hakim, Dedi Budiman
Novianto, Yosa
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Susu sebag salah satu produk peternakan memiliki peran yang sangat besar bagi peningkatan ualitas sumber daya manusia melalui pemenuhan kebutuhan protein hewani, neral dan memiliki nilai gizi yang tinggi dan lengkap. Sifat susu segar yang perisible menjadi awal berkembangnya Industri Pengolahan Susu (IPS) di Indonesia, yag menghasilkan produk susu olahan seperti susu pasteurisasi, yoghurt, kefir, en keju. Potensi pasar dari produk susu olahan itu sendiri cukup baik. Hal ini dikare kan, masyarakat semakin sadar akan kebutuhan terhadap produk- produk yang memiliki nilai gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan, serta peningkatan endapatan. Tingat konsumsi susu masyarakat Indonesia cukup besar, tetapi pertumbuha konsumsi susu tersebut belum sebanding dengan tingkat produksi susu di Indonesa. Hal ini menyebabkan besarnya impor produk dan bahan baku susu olahan. condisi ini, ditambah dengan struktur IPS di Indonesia yang cenderung mendeka oligopoli yakni ditandai dengan kehadiran beberapa perusahaan besar yang mendonnasi penggunaan bahan baku dan output. Akibatnya, banyak perusahaan kecil da menengah yang keluar dari IPS karena kalah bersaing dalam perolehan bahan aku dan penguasaan pasar. Disamping itu, dengan ditandatanganinya letter of intentntara pemerintah dengan IMF pada tahun 1998 yang berisi penghapusan rasio susu kal dan susu impor yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) dan bea nasuk impor susu yang semula 15 persen. Hal ini berarti susu impor bebas mask berapapun besarnya. Dengan dicabutnya kebijakan tersebut maka perusahaan sus di Indonesia akan langsung berhadapan dengan pasar bebas. Salah satu perusahaan menengah dalam industri pengolahan susu yang mampu bertahan sampai saat ini adalah PT Fajar Taurus. Produk susu olahan yang hasilkan oleh PT Fajar Taurus selain susu pasteurisasi adalah yoghurt. Sesuai engan kebijakan pemerintah mengenai pengembangan industri pengolahan susu di indonesia, PT Fajar Taurus memiliki peternakan sendiri sebagai pemasok bahan baku utama berupa susu segar. Untuk dapat mempertahankan eksistensinya dan bersaing dengan perusahaan susu lainnya, manajemen perusahaan PT Fajar Taurus dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan bisnis sekarang dan merumuskan strategi baru yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman perusahaan, mengidentifikasi faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan, merumuskan strategi bisnis yang dapat diterapkan PT Fajar Taurus sesuai dengan kondisi lingkungan perusahaan serta memilih strategi yang paling tepat diterapkan oleh PT Fajar Taurus…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/145229
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A02yno.pdf
  Restricted Access
24.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.