Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/144008
Title: Perilaku konsumsi sampo dan tanggapan konsumen terhadap iklan sampo melalui televisi : studi kasus pada mahasiswa TPB Institut Pertanian Bogor
Authors: Gonarsyah, Isang
Widya, Neny
Issue Date: 2003
Publisher: IPB University
Abstract: Sebagian besar responden menyatakan bahwa iklan sampo di televisi mampu mendorong minat beli mereka. Variabel-variabel yang berpengaruh nyata pada keputusan pembelian adalah manfaat yang diharapkan, daya tarik dan harga, sedangkan faktor jenis kelamin dan uang saku ternyata tidak berpengaruh nyata. Dalam penelitian ini produsen disarankan menciptakan inovasi baru yaitu sampo multi-fungsi. Selain itu produsen sebaiknya meluaskan jangkauan distribusinya agar produk sampo mudah diperoleh dan melakukan riset-riset untuk mengetahui jenis wewangian yang diinginkan konsumen. Sampo kemasan botol sebaiknya diprioritaskan saluran distribusinya melalui toko-toko dan supermarket. Sementara untuk sampo kemasan sachet diprioritaskan melalui warung atau kios- kios. Pihak pembuat iklan diharapkan dapat menciptakan iklan-iklan sampo yang menarik perhatian dalam arti memiliki ide cerita menarik, menggunakan model yang cantik/cakep/popular, dan mudah diingat. Selain itu iklan yang dibuat juga harus lebih sesuai dengan kenyataan, tidak berlebihan, lucu dan menginformasikan keunggulan produk (informatif). Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) sebagai suatu lembaga yang bergerak dalam pengawasan perlindungan konsumen, diharapkan dapat lebih memperhatikan setiap tayangan iklan, sehingga dapat memberikan informasi dini kepada konsumen bila iklan yang ditayangkan tidak sesuai dengan kenyataan dan dapat berakibat buruk bagi konsumen yang menggunakan produk tersebut…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/144008
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A03nwi.pdf
  Restricted Access
11.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.