Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/143656
Title: Analisis strategi pengembangan bisnis pemrosesan daging ayam pada PT. Sierad Produce Tbk, Bogor
Authors: Hendrakusumaatmaja, Sutara
Saepurahmat, Mamat
Issue Date: 2003
Publisher: IPB University
Abstract: Peningkatan jumlah penduduk yang diikuti derigan semakin tingginya tingkat pendidikan dan taraf hidup serta kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, maka tuntutan akan kebutuhan gizi berupa protein hewani juga semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan perubahan komposisi menu makanan rumah tangga secara bertahap ke arah peningkatan konsumsi protein hewani. Tingkat konsumsi daging ayam masyarakat Indonesia saat ini masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lain, yaitu 4,55 kg/kapita/tahun. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang agribisnis peternakan PT. Sierad Produce Tbk menghadapi persaingan yang ketat baik dengan perusahaan-perusahaan besar maupun perusahaan berskala kecil dengan bidang usaha yang sama. Dalam lingkungan bisnis, organisasi yang berhasil adalah organisasi yang efektif mengelola dan secara terus menerus membenahi birokrasi, strategi, sistem dan budaya organisasi untuk dapat bertahan dan manpu bersaing di lingkungan industri. Kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan menuntut adanya perumusan manajemen strategis. Hal ini didasarkan atas keyakinan bahwa organisasi harus terus menerus memantau kondisi internal dan eksternal serta kecenderungannya, sehingga perubahan dapat secara berkala dilakukan berdasarkan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap faktor-faktor internal dan eksternal PT. Sierad Produce Tbk untuk mengetahui perkembangan perusahaan tersebut dalam melakukan kegiatan bisnis pemrosesan daging ayam dan menyusun alternatif strategi bagi PT. Sierad Produce dalam menghadapi persaingan pada industri sejenis. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pihak perusahaan dalam merencanakan strategi bisnisnya serta bagi pihak lain yang memerlukan hasil penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung terhadap proses penyediaan bahan baku, proses produksi, distribusi, serta melakukan wawancara dengan pihak manajemen perusahaan, baik manajemen pada tingkat fungsional maupun pihak top management yang diwakili oleh General Manager serta Finance Controller, serta melakukan audit internal pada semua fungsi manajemen yang ada di perusahaan maupun melakukan audit eksternal dengan melihat faktor- faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan usaha pemrosesan daging ayam. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder yang selanjutnya dianalisa secara deskriptif untuk menentukan kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal perusahaan. Analisis selanjutnya dilakukan dengan menggunakan analisis matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation), matriks IE serta analisis matriks SWOT untuk merumuskan alternatif-alernatif strategi yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/143656
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A03msa1.pdf
  Restricted Access
24.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.