Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/143304
Title: Pengembangan dan Integrasi Remotely Operated Vehicle (ROV) dan Algoritma Computer Vision untuk Peningkatan Produktivitas Budidaya Ikan Pada Karamba Jaring Apung (KJA)
Other Titles: Development and Integration of Remotely Operated Vehicle (ROV) and Computer Vision Algorithms to Increase Fish Cultivation Productivity in Floating Net Cages (KJA)
Authors: Jaya, Indra
Rahmat, Ayi
Hestirianoto, Totok
Lestari, Nurhaliza Amalia
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Salah satu tantangan nyata yang dihadapi dalam budidaya ikan dalam keramba jaring apung (KJA) adalah penurunan efektivitas KJA. Seiring dengan berjalannya waktu, tumbuh berbagai jenis biota yang menempel pada jaring serta kotoran yang menumpuk menghalangi aliran air kedalam dan keluar jaring. Pemantauan dan monitoring karamba jaring apung dewasa ini masih dilakukan dengan cara konvensional. Monitoring kondisi jaring pada KJA di Indonesia masih jarang dilakukan karena keterbatasan manusia dan ancaman dari kondisi perairan yang tidak terduga. Penelitian dengan menggunakan Remotely Operated Vehicle (ROV), merupakan salah satu cara untuk menanggulangi keterbatasan manusia di dalam perairan tanpa harus menyelam. Penelitian ini mencoba melakukan perancangan wahana ROV serta mengintegrasikannya dengan teknologi Compuetr Vision yang dapat melakukan pemantauan pada lokasi yang cukup luas secara otonom tanpa adanya awak di dalamnya. Pengembangan dan integrasi Remotely operathed vehicle (ROV) dengan computer vision untuk melakukan pemantauan kondisi jaring pada KJA menunjukkan kinerja yang sangat baik. ROV memiliki gaya apung sebesar 128.38 Kg m/s2 dan durasi nyala selama 2.94 jam. Hasil uji olah gerak ROV menunjukkan nilai error terendah yaitu 0° pada gerak maju, rata-rata delay sebesar 9.7 detik dengan drift kedalaman sebesar 94.1 cm pada gerak turun, rata- rata delay dan drift sebesar 11.3 detik dan 71° untuk gerak belok. Seluruh fitur ROV berjalan lancar dan tanpa kendala dan mampu melakukan pemantauan kondisi jaring di keramba jaring apung (KJA) serta menghasilkan video bawah air. Data yang telah dikumpulkan dari pemantauan ROV, memanfaatkan model YOLOv8, menunjukkan hasil yang sangat positif dalam mengklasifikasikan kondisi jaring KJA. Klasifikasi kondisi KJA dibagi menjadi klasifikasi 2 kelas, klasifikasi 3 kelas, dan klasifikasi 6 kelas dan mendapatakan hasil mencapai tingkat akurasi 1 atau 100% untuk klasifikasi 2 kelas, rata-rata akurasi 0.99 atau 99% untuk klasifikasi 3 kelas, dan rata-rata akurasi 0.98 atau 98% untuk klasifikasi 6 kelas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model YOLO v8 memiliki kinerja yang sangat baik dalam mengenali objek jaring dengan tingkat akurasi yang tinggi. Hasil tersebut memberikan keyakinan bahwa model ini dapat dipercaya dalam melakukan pemantauan kondisi jaring KJA.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/143304
Appears in Collections:MT - Fisheries

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_Tesis_Nurhaliza_ACC - Prodi Teknologi Kelautan SPs IPB-signed-1-16.pdf
  Restricted Access
Cover2.58 MBAdobe PDFView/Open
Fullteks_Tesis_Nurhaliza_ACC - Prodi Teknologi Kelautan SPs IPB-signed-17-66.pdf
  Restricted Access
Fullteks6.15 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran_Tesis_Nurhaliza_ACC - Prodi Teknologi Kelautan SPs IPB-signed-67-71.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.