Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142749
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLimbong, Wilson Halomoan-
dc.contributor.authorAritonang, Nalom G.-
dc.date.accessioned2024-03-21T03:20:37Z-
dc.date.available2024-03-21T03:20:37Z-
dc.date.issued2001-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142749-
dc.description.abstractPT. Mastaco yang bergerak di bidang supplier alat tulis kantor saat ini sedang dalam pengembangan usaha. Namun, agar pengembangan usahanya berhasil. perusahaan perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ia miliki serta peluang dan ancaman dalam industri yang akan ia hadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan sehingga dapat menyusun alternatif strategi pengembangan usaha yang tepat bagi perusahaan. Dalam mencapai tujuan penelitian tersebut. dilakukan wawancara dengan pihak manajemen perusahaan. Penelitian dilakukan di PT. Mastaco, sebagai salah satu supplier produk stationeri yang berlokasi di Jakarta. Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan dilakukan identifikasi faktor-faktor internal, sedangkan untuk mengetahui peluang dan ancaman dilakukan melalui identifikasi faktor-faktor eksternal. Hasil identifikasi faktor-faktor tersebut dianalisis melalui matriks SWOT (strength. weakness, oppurtunity, threats) yang menghasilkan empat alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Kekuatan dan kelemahan perusahaan meliputi manajemen, sumber daya manusia. produksi dan operasi, penasaran dan distribusi, permodalan dan keuangan serta penelitian dan pengembangan. Beberapa kekuatan perusahaan yaitu (1) jaringan pemasaran yang luas, (2) etos kerja manajer yang baik, (3) kondisi keuangan jangka pendek dan jangka panjang yang baik, (4) hubungan dengan pihak mall yang baik dan (5) ketersediaan modal dalam menjalankan perusahaan. Sedangkan kelemahan yang dimiliki perusahaan adalah (1) manajemen tugas kurang jelas. (2) kurangnya perhatian manajer terhadap kesejahteraan karyawan, (3) tingkat keluar masuk tenaga kerja yang cukup tinggi, (4) kurangnya keahliaan manajemen puncak dalam mengumpulkan informasi tentang pasar, (5) keterlambatan dalam memenuhi ..dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural economicsid
dc.subject.ddcDevelopment strategyid
dc.titleAnalisa strategi pengembangan usaha produk stationeri oleh PT. Mastacoid
dc.typeUndergraduate Thesisid
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A01nga.pdf
  Restricted Access
37.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.