Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142617
Title: Analisis strategi pemasaran telur ayam ras pada PT. Dara Molek Farm, Megamendung, kabupaten Bogor, Jawa Barat
Authors: Limbong, W.H.
Lumbantoruan, Saur P. Oloan
Issue Date: 2001
Publisher: IPB University
Abstract: Pertumbuhan produksi telur ayam ras Indonesia menunjukkan angka positif setelah krisis moneter yang terjadi pada pertengahan tahun 1997, yaitu sebesar 10,6 persen pada tahun 2000. Pertumbuhan ini dipicu oleh peningkatan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap telur ayam ras sebagai sumber protein hewani baik secara nasional maupun perkapita. Peningkatan produksi berimplikasi pada kondisi persaingan dalam usaha peternakan telur ayam ras dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh peternakan-peternakan ayam ras petelur. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peternakan ayam ras menyikapi lingkungan eksternal dan internal pemasaran perusahaan serta strategi pemasaran telur ayam ras yang dilakukan untuk menghadapi persaingan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal dan inte mal pemasaran perusahaan yang sangat mempengaruhi dalam penetapan strategi pemasaran telur ayam ras serta menyusun strategi pemasarannya. Penelitian dilaksanakan di PT. Dara Molek Farm yang berlokasi di Pasir Muncang Megamendung, Kabupaten Bogor. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive). Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari-Maret 2001. Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan kegiatan-kegiatan pencaharian data melalui pengamatan langsung di lapangan, wawancara dan pengisian kuisoner oleh pihak perusahaan. Pengolahan data dilakukan secara manual dengan bantuan komputer dan kalkulator. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Dalam kegiatan pemasarannya, PT. Dara Molek Farm melakukan pendekatan pasar sasaran. Pendekatan ini diambil karena perusahaan menyadari pasar atau konsumen telur ayam sangat luas, sehingga perusahaan dengan keterbatasan kemampuan yang dimiliki tidak mungkin melayani seluruh pasar atau konsumen seluruh ayam ras yang ada. Strategi yang dilakukan PT. Dara Molek Farm adalah..dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142617
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A01spo.pdf
  Restricted Access
42.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.