Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142545
Title: Analisis strategi pengembangan ekspor kopi Indonesia
Authors: Jamaran, Irawadi
Herindajanto, Agus
Maulida, Mira
Issue Date: 1996
Publisher: IPB University
Abstract: Kopi merupakan salah satu komoditi non migas di sektor pertanian yang mempunyai kontribusi devisa yang besar bagi negara. Sebagian besar kopi Indonesia yaitu sekitar 80 persen dari produksi total merupakan komoditi ekspor. Dengan orientasi pasar internasional tersebut maka faktor lingkungan bisnis kopi menjadi sangat penting dan kompleks. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan masalah strategis yang dihadapi para eksportir, sehingga perlu suatu perumusan strategi bisnis agar perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang ada dan mampu bersaing dalam bisnis kopi internasional. Penelitian ini bertujuan menentukan strategi pengembangan ekspor kopi Indonesia untuk jangka panjang dengan mempelajari faktor-faktor eksternal dan internal dalam industri ini. Pengkajian faktor eksternal dilakukan dengan mempertimbangkan peluang dan ancaman yang ada. Sedangkan pengkajian faktor internal dilakukan dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan para eksportir dalam industri perkopian nasional secara keseluruhan. Tingkat daya tarik ekspor kopi Indonesia mengalami sedikit peningkatan untuk jangka panjang. Peningkatan daya tarik faktor eksternal adalah pada ukuran pasar, pertumbuhan pasar, ancaman produk substitusi, ancaman pendatang baru, peluang memasuki pasar baru, serta faktor sosial dan kelembagaan. Sedangkan tingkat kekuatan ekspor kopi Indonesia mengalami peningkatan yang relatif tinggi untuk jangka panjang. Analisis faktor eksternal dan internal menunjukkan posisi strategis ekspor kopi Indonesia. Posisi strategis untuk jangka pendek menunjukkan daya tarik eksternal dan tingkat kekuatan internal berada dalam skala sedang. Sedangkan posisi strategis untuk jangka panjang menunjukkan daya tarik faktor eksternal berada dalam skala sedang dan tingkat kekuatan internal dalam skala tinggi. Program pengembangan ekspor kopi Indonesia untuk jangka panjang yang mengacu pada arahan strategis adalah dengan memperkuat posisi pada peluang-peluang yang masih dapat dimasuki dan mengidentifikasi segmen pasar yang potensial dengan bertumpu pada kekuatan internal yang dimiliki.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142545
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F96mma.pdf
  Restricted Access
5.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.